Analisis commognition siswa pada penyelesaian masalah materi teorema Pythagoras / Tirtha Claudia Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis commognition siswa pada penyelesaian masalah materi teorema Pythagoras / Tirtha Claudia Fauzi

Fauzi, Tirtha Claudia (2019) Analisis commognition siswa pada penyelesaian masalah materi teorema Pythagoras / Tirtha Claudia Fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauzi Tirtha Claudia. 2019. Analisis Commognition Siswa Pada Penyelesaian Masalah Materi Teorema Pythagoras. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si Kata Kunci commognition penyelesaian masalah teorema Pythagoras Komunikasi adalah bagian yang penting dari pendidikan matematika. Penelitian yang selama ini dilakukan tentang matematis tidak mengaitkan komunikasi dengan kognisi. Padahal melalui komunikasi dapat diketahui bagaimana proses kognisi siswa. Commognition adalah gabungan komunikasi dan kognisi yang terdiri dari word use visual mediators narratives dan routines. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan commognition siswa dalam menyelesaikan masalah teorema Pythagoras ditinjau dari kemampuan matematis berdasarkan empat framework yaitu word use visual mediators narratives dan routines. Penelitian dilakukan dikelas VIII SMP N 7 Kota Jambi. Subjek penelitian adalah 7 siswa yang terdiri dari 3 siswa berkemampuan matematis tinggi 2 siswa berkemampuan matematis sedang dan 2 siswa berkemampuan matematis rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar masalah matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitiaan ini adalah siswa berkemampuan matematis tinggi mampu menggunakan setiap commognition framework dengan baik. Saat menggunakan word use subjek mampu membuat hal yang diketahui dan ditanyakan dalam bentuk simbol dan membuat keterangan-keterangan pada gambar. Saat membuat visual mediators subjek mampu membuat gambar dengan benar berdasarkan syarat yang ada dan ada satu subjek yang mampu membuat gambar yang digunakan untuk setiap langkahnya. Saat menggunakan narratives subjek mampu memilih teori matematika yang digunakan sebagai strategi menyelesaikan masalah. Namun ada subjek berkemampuan tinggi yang kurang mampu menggunakan narratives dengan baik untuk langkah terakhir karena subjek kurang memahami materi. Saat membuat routines subjek mampu melakukan perhitungan matematika dengan benar.Siswa berkemampuan matematis sedang mampu menggunakan word use visual mediators dan narratives dengan baik tetapi menggunakan routines masih kurang baik. Hal ini disebabkan karena membuat routines ada subjek yang melakukan kesalahan dalam tata cara penulisan dan adapula subjek yang melakukan kesalahan operasi matematika. Siswa berkemampuan matematis rendah menggunakan semua commognition framework tetapi masih kurang baik. Saat menggunakan word uses subjek membuat hal yang diketahui dan ditanyakan masih dengan kalimat yang sama dengan masalah yang diberikan dan keterangan pada gambar juga kurang jelas. Saat membuat visual mediators subjek salah menafsirkan kata-kata yang ada pada masalah sehingga gambar yang dibuat salah. Saat menggunakan narratives subjek tidak mampu memilih teori matematika yang digunakan hingga dapat menyelesaikan masalah. Saat membuat routines subjek dapat melakukan perhitungan matematika dengan benar hanya pada satu langkah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110956

Actions (login required)

View Item View Item