Proses berpikir siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal open ended bangun datar / Rachmita Divrania

Divrania, Rachmita (2019) Proses berpikir siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal open ended bangun datar / Rachmita Divrania. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Divrania, Rachmita, 2019. Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Gaya Kognitif dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Datar. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Tjang Daniel C, M.Si, Ph.D, (2) Dr. Sukoriyanto, M.Si. Kata Kunci: proses berpikir, gaya kognitif, soal open ended Proses berpikir merupakan hal yang penting karena akan membantu siswa dalam membuat keputusan dan menyelesaikan masalah. Kunci penting agar siswa dapat berpikir adalah dengan melibatkan siswa dalam soal untuk menggunakan ide-ide yang siswa miliki untuk menyelesaikan soal. Siswa juga memiliki ciri khas yang berbeda dalam menjawab soal, istilah tersebut dikenal dengan gaya kognitif. Gaya kognitif merupakan karakteristik individu dalam berpikir, merasakan, mengingat, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Penelitian ini membahas gaya kognitif field independent dan field dependent. Proses berpikir siswa diidentifikasi dengan soal open ended, yang merupakan soal memiliki cara atau solusi lebih dari 1. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan soal open ended bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Malang. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas 7.4. Penetapan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan berpedoman pada hasil tes gaya kognitif dengan menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT) yang telah valid dan reliable. Sumber data pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 7.4 SMP Negeri 21 Malang yang berjumlah 32 siswa dan sumber data untuk analisis berjumlah 4 siswa yang menjadi subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT untuk mendapatkan 4 subjek kemudian rubrik soal open ended dan wawancara yang sudah di validasi. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa bergaya kognitif FI (field independent) dalam memahami soal sudah tergolong dalam kategori sangat baik dan siswa bergaya kognitif FI mampu menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat juga benar. Pada tahap merencanakan penyelesaian siswa bergaya kognitif FI sudah masuk dalam kategori sangat baik karena siswa mampu merubah soal tersebut dalam model matematika. Pada tahap menyelesaikan masalah sudah sesuai, siswa bergaya kognitif FI tergolong sangat baik, karena siswa mampu mengerjakan soal dengan tepat dan benar. Pada tahap melakukan pengecekan kembali siswa juga tergolong sangat baik karena dapat membuktikan kembali hasil yang diperolehnya dengan yakin. (2) Siswa bergaya kognitif FD (field dependent) dalam memahami soal tergolong dalam kategori baik, karena mampu menjelaskan apa yang diketahui dan ditanyakan saat proses wawancara. Siswa bergaya kognitif FD tidak menuliskan apa yang diketahui dan ii ditanyakan dalam lembar jawabannya. Pada tahap merencanakan penyelesaian masuk kategori baik, karena siswa dapat merubah soal kedalam model matematika. Pada tahap menyelesaikan masalah sudah sesuai rencana, sehingga dapat dikategorikan baik, karena dapat menggunakan informasi yang dibuat pada tahap sebelumnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada tahap melakukan pengecekan kembali siswa tergolong cukup baik karena dapat membuktikan jawaban yang didapatkan saat proses wawancara iii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110946

Actions (login required)

View Item View Item