Folding back kelompok siswa dan intervensinya pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Rinda Novitasari

Novitasari, Rinda (2019) Folding back kelompok siswa dan intervensinya pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Rinda Novitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Novitasari, Rinda. 2019. Folding Back Kelompok Siswa dan Intervensinya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Susiswo, M. Si., (2) Dr. Rustanto Rahardi, M.Si. Kata kunci : folding back, intervensi, sistem persamaan linear dua variabel Berdasarkan hasil diskusi dengan guru pengajar dan penelitian pendahuluan kepada siswa kelas X SMK Negeri 3 Batu, diketahui bahwa pemahaman siswa tentang materi sistem persamaan linear dua variabel masih kurang. Kurangnya pemahaman siswa dapat mendorong munculnya folding back. Folding back dapat disebabkan adanya intervensi dari orang lain. Intervensi dari orang lain dapat berasal dari guru atau siswa lain ketika siswa berdiskusi dalam kelompok. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai folding back kelompok siswa kelas dan intervensinya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan folding back kelompok siswa dan intervensinya dalam menyelesaikan soal SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelompok siswa dengan anggota yang aktif mengemukakan pendapat dalam berdiskusi kelompok saat pembelajaran. Data yang dikumpulkan meliputi: 1) data hasil validasi instrumen penelitian, 2) data hasil kerja kelompok siswa, dan 3) data hasil dokumentasi video dan audio. Data hasil validasi diperoleh melalui lembar validasi, sedangkan data folding back dan intervensinya diperoleh melalui lembar tes dan observasi dokumentasi video dan audio. Intervensi yang diberikan kepada masing-masing subjek dideskripsikan berdasarkan sumber intervensinya, sedangkan folding back dideskripsikan berdasarkan bentuknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa melakukan folding back dalam menyelesaikan soal SPLDV melalui intervensi. Deskripsi folding back kelompok siswa dalam menyelesaikan soal adalah (1) folding back melalui intervensi peneliti (guru) terjadi berupa intevensi yang disengaja baik terfokus atau tidak terfokus yang terjadi ketika siswa terkendala dalam menggambar grafik dan menentukan variabel; (2) folding back melalui intervensi teman (siswa lain) terjadi berupa intervensi yang disengaja dan tidak disengaja yang terjadi saat kelompok siswa mendiskusikan persamaan linear yang dibuat dan variabel yang digunakan; (3) bentuk folding back yang ditemukan pada kelompok siswa selama berdiskusi menyelesaikan soal adalah mengumpulkan pada lapisan lebih dalam dan bekerja pada lapisan yang lebih dalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110941

Actions (login required)

View Item View Item