Penerapan pendekatan student center learning dengan pemberian soal open ended untuk meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan / Nurhayati

Nurhayati (2019) Penerapan pendekatan student center learning dengan pemberian soal open ended untuk meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan / Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Nurhayati. 2019. Penerapan Pendekatan Student Center Learning dengan Pemberian Soal Open-Ended untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sudirman, M.Si, (II) Dr. Sukoriyanto, M.Si. Kata kunci: Pendekatan Student Center Learning, Soal Open-Ended, Komunikasi Matematis Tulis Kemampuan komunikasi matematis tulis merupakan kemampuan yang penting bagi siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti yang diperkuat dengan hasil studi pendahuluan, siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang rendah. Rendahnya kemampuan ini dikarenakan pembelajaran yang masih terpusat pada guru, partisipasi aktif siswa kurang dalam pembelajaran, dan guru belum melaksanakan pembelajaran yang mampu mengakses kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pendekatan student center learning dengan pemberian soal open-ended yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 1) hasil observasi aktivitas guru, 2) hasil observasi aktivitas siswa, 3) catatan lapangan, dan 4) hasil tes komunikasi matematis tulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dilaksanakan di kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan dengan jumlah siswa sebanyak 20 pada bulan Oktober-Nopember 2018 (semester gasal) tahun pelajaran 2018/2019 pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan data hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 92,49% pada siklus I menjadi 97,50% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 80,73% pada siklus I menjadi 95,98% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan hasil tes komunikasi matematis tulis, siswa yang memperoleh kategori komunikasi matematis tulis minimal baik sebanyak 60% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan student center learning dengan pemberian soal open-ended dapat meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah Pacitan pada materi sistem persamaan linier tiga variabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110939

Actions (login required)

View Item View Item