Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita aljabar siswa kelas X SMK bergaya kognitif reflektif beserta scaffoldingnya / Ahmad Fathoni Abas

Abas, Ahmad Fathoni (2019) Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita aljabar siswa kelas X SMK bergaya kognitif reflektif beserta scaffoldingnya / Ahmad Fathoni Abas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Abas, Ahmad Fathoni 2019. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Siswa Kelas X SMK Bergaya Kognitif Reflektif Beserta Scaffoldingnya. Tesis, Pendidikan Matematika. Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Toto Nusantara,M.Si., (2) Dr.Sudirman,M.Si. Kata Kunci: Prosedur Newman, Soal Cerita, Gaya Kognitif Reflektif, Scaffolding Soal cerita masih menjadi kendala bagi siswa dalam belajar matematika. Hal ini terlihat dari ditemukannya kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan soal cerita. Di sisi lain, proses penyelesaian masalah juga dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Siswa dengan gaya kognitif reflektif cenderung lebih sedikit melakukan kesalahan dibanding siswa dengan gaya kognitif impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK dengan gaya kognitif reflektif ketika menyelesaikan soal cerita serta mendeskripsikan langkah-langkah scaffolding yang dilakukan untuk membantu siswa menyelesaikan soal tersebut. Bentuk-bentuk kesalahan dianalisa menggunakan prosedur Newman yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan pengkodean. Kemudian dilakukan scaffolding berdasarkan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan di mana mengacu pada scaffolding Anghileri level 2 yang berupa reviewing. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Penelitian dilakukan di kelas X MM SMKN Klakah Lumajang dengan 2 subjek bergaya kognitif reflektif yang diambil dari 25 siswa. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan instrumen Matching Familiar Figure Test (MFFT) dan soal cerita aljabar. Siswa dengan gaya kognitif reflektif yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita serta menunjukkan proses penyelesaian dengan pemodelan matematika dipilih menjadi subjek. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah MFFT, soal cerita aljabar, pedoman wawancara dan pedoman scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berdasarkan prosedur Newman pada siswa dengan gaya kognitif reflektif pada tahap membaca, tidak ditemukan kesalahan membaca pada subjek. Pada tahap pemahaman bentuk kesalahan yang ditemukan adalah subjek melewatkan informasi penting yang mempengaruhi masalah dan subjek tidak tepat dalam mendefinisikan variabel. Pada tahap transformasi, bentuk kesalahan yang ditemukan adalah subjek tidak tepat dalam menerjemahkan pernyataan verbal menjadi interpretasi matematikanya serta subjek menuliskan model matematika dimana terdapat referensi ganda pada variabelnya. Sedangkan pada tahap keterampilan proses, kesalahan yang ditemukan adalah subjek tidak cermat dalam melakukan prosedur matematika untuk mendapatkan selesaian SPLTV. Adapun pada tahap pengkodean bentuk kesalahan tidak muncul karena semua subjek belum sampai pada tahap pengkodean. Scafolding yang dilakukan pada kesalahan pemahaman yaitu dengan langkah-langkah looking,touching and verbalizing , prompting and probing dan interpreting student action. Sedangkan pada kesalahan transformasi langkah scaffolding yang dilakukan adalah looking,touching and verbalizing, prompting and probing, interpretation student’s talk dan pararel modelling. Selanjutnya pada kesalahan ketrampilan proses dengan bentuk looking,touching and verbalizing, prompting and probing, interpretation student’s talk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110937

Actions (login required)

View Item View Item