Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk memahamkan siswa kelas XII SMA pada materi kaidah pencacahan / Pujianto

Pujianto (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk memahamkan siswa kelas XII SMA pada materi kaidah pencacahan / Pujianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pujianto. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Memahamkan Siswa Kelas XII SMA pada Materi Kaidah Pencacahan. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd., M.Si. (II) Dr. Susiswo, M.Si. Kata Kunci: media, interaktif, pemahaman, pengembangan, kaidah pencacahan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan perubahan pada dunia pendidikan yaitu adanya perkembangan media pembelajaran interaktif yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Menurut peneliti media ini salah satu solusi untuk mengatasi kekurangan jam pelajaran siswa kelas XII SMA. Hal ini dikarenakan jam pelajaran yang diberikan oleh guru terpotong oleh kegiatan tryout, ujian praktek dan kegiatan bimbingan persiapan Ujian Nasional (UN). Dengan media pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk belajar matematika secara mandiri. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model yang di kemukakan oleh Plomp yaitu terdiri dari lima tahapan : 1). investigasi awal, 2). desain, 3). konstruksi atau realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Sedangkan yang menjadi subyek pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XII-B SMA Ar Risalah Kota Kediri yang terdiri 22 siswa. Pada tahap investigasi awal peneliti malakukan analisis permasalahan di sekolah, analisis kebutuhan multimedia interaktif dan analisis materi media yang dikembangkan. Kemudia tahap desain peneliti menentukan kompetensi dasar serta indikator pencapaian pembelajaran, penyusunan storyboard dan penyusunan instrumen penelitian. Berikutnya adalah tahap realisasi, yaitu tahap pembuatan media yang di dalamnya terdapat halaman muka, petunjuk, materi, tes dan evaluasi. Setelah media pembelajaran sudah jadi langkah selanjutnya adalah tahap ujicoba, evaluasi dan revisi. Tahap selanjutnya peneliti membuat indikator kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran kemudian melakukan ujicoba lapangan dan melakukan revisi jika terdapat kekurangannya. Tahap terahir adalah tahap implementasi, pada tahap ini produk yang sudah dikembangkan dapat digunakan langsung sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah suatu produk aplikasi flash yang dapat dijalankan di laptop atau komputer. Bedasarkan hasil penelitian produk ini dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor kevalidan 3,05 dan dinyatakan valid oleh ahli media pembelajaran dengan skor kevalidan 3,08. Dari hasil penilaian siswa dan guru produk media pembelajaran ini dinyakatan praktis dengan skor kepraktisan 3,6. Hasil dari Uji kompetensi siswa produk ini dinyatakan efektif dengan skor keefektifan 85,59%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi kaidah pencacahan. Peneliti berharap adanya penelitian pengambangan perlu dikembangkan pada materi selain kaidah pencacahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110933

Actions (login required)

View Item View Item