Implementasi reciprocal teaching berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik / Moh. Rikza Muqtada

Muqtada, Moh. Rikza (2019) Implementasi reciprocal teaching berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik / Moh. Rikza Muqtada. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Muqtada, Moh. Rikza. 2019. Implementasi Reciprocal Teaching Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Santi Irawati, M.Si., Ph.D, (2) Dr. Abdul Qohar, M.T Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Komunikasi Matematis, GeoGebra, Program Linear. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dengan memberikan tes tentang materi persamaan dan sistem persamaan linear pada kelas X SMK Al-amin Gresik, hasilnya dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki beberapa kelemahan dalam komunikasi matematis. Ini dimungkinkan karena pembelajaran di kelas jarang menggunakan model pembelajaran kooperatif dan umumnya terpusat pada guru (teacher centered). Guru aktif memberikan dan menjelaskan materi di kelas sedangkan peserta didik hanya mendengar, mencatat kemudian diberikan soal tentang materi. Salah satu alternatif untuk meningkatkan komunikasi matemati peserta didik adalah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan GeoGebra yang memiliki empat tahapan yaitu (1) Summarizing; (2) Questioning; (3) Predicting; dan (4) Clarifying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran reciprocal teaching berbantuan GeoGebra yang dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 peserta didik dengan rincian 3 peserta didik perempuan dan 13 peserta didik laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Dalam mengukur kemampuan komunikasi matematis peserta didik, peneliti menggunakan hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan komunikasi matematis peserta didik dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan peningkatan skor tes kemampuan komunikasi secara rata-rata kelas maupun secara klasikal. Pada saat siklus I rata-rata kelas sebesar 79,33 dan pada siklus II sebesar 85,68. Selanjutnya ketuntasan klasikal, skor tes kemampuan komunikasi siklus I sebanyak 62,5% dan pada silus II sebanyak 87,5%. Aktivitas guru dan peserta didik dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor ratarata aktivitas guru adalah 82 sedangkan pada silus II adalah 94,2. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas peserta didik adalah 78 sedangkan pada siklus II adalah 93,3. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan komunikasi matematis peserta didik kelas XI TKJ SMK Al-Amin Gresik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110932

Actions (login required)

View Item View Item