Pengembangan bahan ajar program linear berbasis web di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Elina Nur Fatimah

Fatimah, Elina Nur (2019) Pengembangan bahan ajar program linear berbasis web di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Elina Nur Fatimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatimah, Elina Nur. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Program linear Berbasis Web di SMK Negeri 6 Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M. Si, (II) Dr. Subanji, M.Si. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, program linear, berbasis web. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar program linear berbasis web yang valid, praktis dan efektif? Sejalan dengan pertanyaan penelitian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar program linear berbasis web yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah Model IDI, yang terdiri dari: (1) Tahap Define (Pendefinisian), (2) Tahap Develop (pengembangan) dan (3) Tahap Evaluate (Evaluasi). Untuk mendukung pengembangan bahan ajar dikembangkan pula instrumen penelitian yang berupa lembar validasi materi dan lembar validasi media. Sebelum instrumen penelitian ini digunakan, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh dua orang pakar (penilaian pakar) terhadap instrumen penelitian. Hasil penilaian pakar, bahwa instrumen penelitian adalah valid untuk digunakan dalam uji kelompok kecil dan uji lapangan terhadap bahan ajar program linear berbasis web.Hasil dari pengembangan produk bahan ajar berbasis web dapat diakses melalui http://programlinear.club/. Ketika melihat situs tersebut, user akan diminta untuk menjadi member untuk dapat mengakses lebih lanjut. Menu-menu tersebut diantaranya menu course, latihan, kuis, dan uas.Tahap Evaluate (Evaluasi) memuat uji coba produk yang meliputi (1) uji validasi untuk menilai kevalidan bahan ajar program linear berbasis web, (2) uji kepraktisan oleh peserta didik, yaitu uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar untuk menilai kepraktisan bahan ajar program linear berbasis web, (3) uji efektivitas untuk menilai keefektivaan bahan ajar program linear berbasis web. Hasil uji validasi diperoleh nilai persentase keseluruhan sebesar 88% sehingga dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis web yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh peserta didik diperoleh nilai persentase 86%, sehingga dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbasis web yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat praktis. Setelah siswa diberikan perlakuan berupa kemanfaatan bahan ajar program linear berbasis web, terjadi peningkatan skor karena memiliki nilai diatas KKM yaitu sekitar 75%. Dengan demikian bahan ajar program linear berbasis web efektif. Kekuatan bahan ajar program linear berbasis web ini adalah (1) Bahan ajar disusun sistematis untuk digunakan peserta didik dan pengajar dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik dan pengajar mudah untuk menggunakannya, (2) bahan ajar mencantumkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran sehingga dapat memandu peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar, (3) bahan ajar disusun dengan latihan soal dan kuis didalamnya sehingga memberi kesempatan pada peserta didik untuk berlatih mengerjakan latihan soal secara mandiri; dan (4) Bahan ajar disusun dengan memasukkan konten grafis dan video didalamnya sehingga memberi kesempatan peserta didik untuk lebih memvisualisasikan materi. Sedangkan kelemahan perangkat pembelajaran ini adalah perangkat pembelajaran disusun berdasarkan hanya pada karakteristik peserta didik kelas XI SMK Negeri 6 Malang sehingga keberadaannya juga sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas XI SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110931

Actions (login required)

View Item View Item