Ningrum, Chauriyah Dehani Tri Puspita (2019) Pembelajaran kooperatif tipe sunny untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Al-Izzah Batu pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan dua variabel / Chauriyah Dehani Tri Puspita Ningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ningrum Chauriyah D.T.P.N.. 2018. Pembelajaran Kooperatif Tipe SUNNY untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Al-Izzah Batu pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Dua Variabel. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. dan (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif SUNNY Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti di SMA Al-Izzah Batu diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Siswa masih belum memahami konsep materi persamaan dan pertidaksamaan dua variabel dengan baik. Metode pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi. Metode ceramah masih menjadi pilihan utama dalam pembelajaran matematika yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe SUNNY. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe SUNNY yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Al-Izzah Batu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA 2 SMA Al-Izzah Batu tahun pelajaran 2018-2019 pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan dua variabel dengan banyak siswa 30 siswa. Data diperoleh dari 1) observasi 2) tes dan 3) dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe SUNNY yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIA 2 dengan uraian sebagai berikut. (1) Pemberian materi sistem persamaan dan pertidaksamaan dua variabel oleh guru menggunakan media power point dan geogebra dengan melibatkan siswa untuk aktif selama pembelajaran yang dipandu dengan LKS dan tanya jawab. (2) Pembentukan kelompok dengan melihat hasil tes siswa pada pertemuan sebelumnya dan membagi kelas menjadi empat kelompok heterogen yaitu dengan melihat kemampuan siswa tinggi sedang dan rendah yang kemudian diundi 1 kelompok sebagai kelompok pemberi tugas 1 kelompok sebagai kelompok penerima tugas dan 2 kelompok sebagai kelompok pembanding. (3) Kompetisi atau persaiangan kelompok pemberi dan penerima tugas saling berkompetisi dengan kelompok pemberi tugas memilih satu soal materi system persamaan dan pertidaksamaan dua variable dari LKS untuk diberikan kepada salah satu anggota dari kelompok penerima tugas kemudian diskusi kelompok dilakukan bersama untuk menyelesaikan tugas masing-masing melalui LKS dilanjutkan presentasi dan tanya jawab antar kelompok yang berkompetisi (4) Penentuan pemenang pemenang kompetisi ditentukan dengan aturan apabila ada pertanyaan yang tidak terjawab oleh kelompok penerima tugas maka pemenangnya adalah kelompok pemberi tugas tetapi apabila semua jawaban terjawab dengan benar maka pemenangnya adalah kelompok penerima tugas. Pemenang kompetisi mendapat penghargaan dari guru. Penghargaan yang diberikan berupa pujian dan ucapan selamat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110929 |
Actions (login required)
View Item |