Proses berfikir kritis peserta didik dalam menganalisis soal matematika / Mohammad Emsa Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berfikir kritis peserta didik dalam menganalisis soal matematika / Mohammad Emsa Arifin

Arifin, Mohammad Emsa (2019) Proses berfikir kritis peserta didik dalam menganalisis soal matematika / Mohammad Emsa Arifin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Arifin Mohammad Emsa 2018. Proses Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menganalisis Soal Matematika. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. I Nengah Parta S. Pd. M. Si. (2) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata Kunci proses berpikir berpikir kritis analisis soal matematika Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kritis peserta didik dalam menganalisis soal matematika. Soal matematika yang dimaksud adalah soal tentang geometri bidang datar khususnya segitiga siku-siku. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada enam inti berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione (2015) yaitu (1) memahami kemudian menuliskan segala informasi yang diperoleh dengan bahasanya sendiri (interpretasi) (2) mengidentifikasi hubungan-hubungan dari semua fakta dan informasi yang diperoleh (analisis) (3) menilai kredibilitas suatu pernyataan atau informasi yang diperoleh (evaluasi) (4) menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang telah ditemukan (inferensi) (5) menyajikan hasil secara meyakinkan dan koheren (komunikasi) dan (6) merefleksi diri serta membuat asesmen diri (regulasi diri). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Taruna Nala Jawa Timur yang beralamatkan di Desa Tlogowaru Kota Malang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek pada penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas X. Pemilihan ketiga subjek ini menggunakan metode purposive sampling. Peneliti memberikan soal penelitian kepada 24 calon subjek. Dari 24 calon subjek tersebut terdapat 3 calon subjek yang mampu menganalisis soal dengan benar. Berdasarakan hasil tersebut peneliti memilih 3 calon subjek tersebut menjadi subjek penelitian. Pemilihan 3 subjek tersebut juga memperhatikan kemampuan komunikasi dari masing-masing subjek. Terdapat dua soal yang digunakan dalam penelitian ini. Soal nomor satu adalah soal tentang keliling dan ketaksamaan segitiga. Soal nomor dua adalah soal tentang trigonometri pada segitiga siku-siku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap interpretasi ketiga subjek menuliskan kembali informasi yang diberikan menggunakan bahasanya sendiri. Pada soal nomor satu ketiga subjek menuliskan informasi dalam bentuk persamaan matematika sedangkan pada soal nomor dua ketiga subjek menuliskan semua informasi dalam bentuk representasi geometri. Pada tahap analisis ketiga subjek menemukan informasi baru dengan cara menghubungkan informasi-informasi yang telah diperoleh dengan pengetahuan sebelumnya. Pada soal nomor satu ketiga subjek menggunakan metode eliminasi dan substitusi sedangkan pada soal nomor dua ketiga subjek menggunakan konsep trigonometri kecuali S2 yang menggunakan konsep perbandingan. Pada tahap evaluasi seluruh subjek mengevaluasi informasi yang telah diperoleh menggunakan informasi-informasi pokok yang ditemukan. Pada soal nomor satu ketiga subjek menggunakan ketaksamaan segitiga sedangkan pada soal nomor dua semua subjek menggunakan nilai cosinus sudut C. Pada tahap interpretasi ketiga subjek menuliskan kesimpulan dengan tepat disertai alasan untuk memperkuat kesimpulan yang diperoleh. Pada tahap komunikasi dan ii regulasi diri ketiga subjek telah melakukan proses dengan baik. Pada tahap komunikasi ketiga subjek menuliskan semua informasi dan hasil pekerjaan secara lengkap dan runtut. Pada tahap regulasi diri ketiga subjek telah melakukan proses regulasi diri dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan ketepatan kesimpulan yang diperoleh ketiga subjek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110926

Actions (login required)

View Item View Item