Penalaran siswa SMP dalam memahami sistem persamaan linear dua variabel / Minnatin Charizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penalaran siswa SMP dalam memahami sistem persamaan linear dua variabel / Minnatin Charizah

Charizah, Minnatin (2018) Penalaran siswa SMP dalam memahami sistem persamaan linear dua variabel / Minnatin Charizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Charizah Minnatin. 2018. Penalaran Siswa SMP dalam Memahami Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Toto Nusantara M.Si. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci penalaran memahami sistem persamaan linear dua variabel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran siswa SMP dalam memahami sistem persamaan linear dua variabel. Penalaran adalah kemampuan berpikir logis berdasarkan fakta yang diketahui atau diasumsikan. Indikator penalaran pada penelitian ini adalah analisis sintesis generalisasi justifikasi dan penyelesaian soal tidak rutin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Prigen Pasuruan sebanyak 37 orang. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes penalaran jawaban siswa dikategorikan berdasarkan metode penyelesaian SPLDV yang sama kemudian setiap kelompok dipilih satu subjek dengan kriteria jawaban benar dan tuntas. Penentuan juga mempertimbangkan saran dari guru matematika. Dari 37 orang anak yang diberi soal tes penalaran diperoleh tiga kelompok berdasarkan metode penyelesaian SPLDV sehingga dipilih satu subjek untuk setiap kelompok. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara umum ketiga subjek dalam melakukan penalaran adalah sama dari aspek analisis dan sintesis. Ketiga subjek melakukan analisis dengan menuliskan kembali informasi yang diberikan merepresentasikan ide matematika dan menuliskan ekspresi matematika dengan benar dengan memodelkan informasi yang diberikan di tabel dan melakukan perhitungan dengan benar. Namun salah satu subjek kurang tepat dalam mendeskripsikan variabel. Ketiga subjek melakukan sintesis dengan menggabungkan pengetahuan matematika dan informasi-informasi pada tabel. Dalam hal justifikasi ketiga subjek memiliki kekurangan dalam pemahaman konseptual sehingga tidak mampu melakukan justifikasi dengan sempurna. S1 tidak dapat memberikan penjelasan mengapa rumus barisan aritmatika dapat bekerja. Sedangkan S2 dan S3 belum mampu memberikan penjelasan apakah mengurangkan ruas kiri dengan ruas kiri sama dengan mengurangkan ruas kanan dengan ruas kanan. Sedangkan dalam generalisasi dan penyelesaian soal tidak rutin ketiga subjek masing-masing memiliki cara tersendiri. Dalam melakukan generalisasi ketiga subjek mengidentifikasi selisih antar tahun berdasarkan pola pada soal mengidentifikasi bentuk matematika membuat dugaan untuk rumus menuliskan ekspresi harga baju dan celana untuk tahun ke-n. S2 menggunakan penalaran analogi dalam melakukan generalisasi sedangkan S1 dan S3 membangun dugaannya secara induktif. S1 dan S3 menggunakan rumus barisan aritmatika dalam menyelesaikan soal tidak rutin sedangkan S2 menganalogikan pertanyaan b terhadap jawaban pada pertanyaan a untuk menyelesaikan soal tidak rutin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110923

Actions (login required)

View Item View Item