Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik Terintegrasi Problem-Based Learning Materi Segiempat dan Segitiga untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa / Slamet Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik Terintegrasi Problem-Based Learning Materi Segiempat dan Segitiga untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa / Slamet Widodo

Widodo, Slamet (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik Terintegrasi Problem-Based Learning Materi Segiempat dan Segitiga untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa / Slamet Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widodo Slamet. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Saintifik Terintegrasi Problem-Based Learning Materi Segiempat dan Segitiga untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M. Si. (II) Dr. Hery Susanto M. Si. Kata Kunci Pengembangan perangkat pembelajaran saintifik problem-based learning segiempat dan segitiga berpikir kreatif Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran di era globalisasi sangat penting dan berguna untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kenyataan bahwa siswa SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang sudah menerapkan K13 yang dalam pembelajarannya siswa dituntut dan dibiasakan dengan aktivitas penyelesaian masalah aktivitas yang menuntut kolaborasi dengan teman aktivitas yang berkaitan dengan permasalahan kontekstual atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan aktivitas berpikir kreatif. Dalam pelaksanaan K13 pembelajaran matematika telah disediakan buku siswa oleh Dispendikpora RI namun selalu mengalami revisi setiap tahunnya. Selain itu berdasarkan pengalaman guru dari hasil wawancara mengungkapkan bahwa setelah membelajarkan buku siswa selama satu semester kurang memberikan hasil yang optimal. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami konsep materi yang dipelajari dari buku siswa. Bahasa penyampaian pada materi sulit dipahami oleh siswa karena kurang komunikatif. Keberadaan buku siswa tersebut belum memberikan hasil yang maksimal sebagai sumber belajar. Aktivitas dan langkah pembelajaran dalam buku tidak secara eksplisit memberi kesempatan siswa baik secara individu atau kelompok untuk berperan aktif dalam mengkontruksi sendiri pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan perangkat pembelajaran berupa LKS dan RPP yang memuat kegiatan saintifik dengan diintegrasikan PBL yang dapat membantu siswa dalam mengontruksi pemahamannya sendiri. Dengan demikian LKS dan RPP yang dikembangkan dalam penelitian ini memuat langkah-langkah santifik yang telah terintegrasi PBL. Langkah-langkah saintfik terintegrasi PBL tersebut yaitu (1) mengamati menemukan masalah (2) menanya membangun struktur kerja dan menetapkan masalah (3) mencoba mengumpulkan berbagai informasi merumuskan solusi dan menetapkan solusi terbaik (4) mengasosiasi merumuskan solusi yang berbeda (5) mengomunikasikan menyajikan solusi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangn Plomp. Kriteria kevalidan kepraktisan dan keefektifan ditetapkan oleh peneliti. Kevalidan diperiksa oleh dua validator yaitu satu orang dosen dan satu orang praktisi. Kepraktisan diperiksa oleh satu orang ahli praktisi dan keefektifa diperiksa satu observer dan siswa sebagai pengguna pada saat penerapan produk hasil pengembangan. Untuk mendukung penelitian juga dirancang beberapa instrument yang meliputi (1) lembar validasi (2) lembar observasi (3) angket dan (4) soal tes. Dalam penelitian pengembangan ini peneliti mengembangkan RPP dan LKS yang kemudian divalidasikan kepada ahli. Persentase hasil validasi RPP dan LKS yaitu 80.35% dan 77.50% yang berarti bahwa perangkat pembelajaran valid. Pada keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS persentase hasil keterlaksanaan seluruh aspek adalah 83.2%. sesuai dengan kriteria kepraktisan yang telah ditetapkan disimpulkan bahwapernagkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis. Hasil tes Akhir siswa sebanyak 24 siswa atau77.4% siswa memperoleh nilai minimal 75 yang berarti bahwa penguasaan siswa terhadap materi segiempat dan segitiga dapat dikatakan baik dan tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada semua aspek memperoleh persentase 84.3%. berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka aktivitas siswa pada penerappan LKS tergolong sangat aktif. Hal ini berarti perangkat pembelajaran mudah diterapkan oleh guru dan siswa. Hasil dari angket respon siswa pada seluruh aspek adalah 80% yang menurut kriteria berarti menunjukkan respon positif terhadap LKS yang digunakan. Sedangkan hasil tes akhir sebanyak 93.5% siswa masuk dalam kategori minimal kreatf. Hal ini berarti tujuan dari pengembangan perangkat dapat tercapai. Berdasarkan indicator-indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiga efektif digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat dan segitiaga dengan pendekatan saintifik terintegrasi PBL dikatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110922

Actions (login required)

View Item View Item