Rahmawati, Ulfa (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial dengan model skema fong ditinjau dari gaya kognitif siswa beserta scaffolding-nya / Ulfa Rahmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Rahmawati Ulfa. 2018. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial dengan Model Skema Fong Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Beserta Scaffolding-nya. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci analisis kesalahan gaya kognitif model skema Fong scaffolding. Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial yang ditinjau dari gaya kognitif dan mendeskripsikan scaffolding yang digunakan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal aritmatika sosial kemudian kesalahan dalam penyelesaian soal tersebut dianalisis berdasarkan model skema Fong. Model skema Fong terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama dikategorikan sebagai skema strategis yaitu tidak ada solusi (E1) menggunakan prosedur yang tidak relevan (E2) skema tidak lengkap tanpa kesalahan (E3) skema tidak lengkap dengan kesalahan (E4) dan skema lengkap tetapi dengan kesalahan (E5). Tingkat kedua dikategorikan sesuai dengan cara klasik mengklasifikasikan kesalahan yaitu kesalahan bahasa operasional tema matematis dan psikologis. Untuk mengatasi kesalahan tersebut dilakukan pemberian scaffolding yang merupakan bantuan berupa pertanyaan dan perintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Instrumen penelitian adalah Group Embedded Figure Test (GEFT) soal tes aritmatika sosial dan pedoman scaffolding. Subjek yang terpilih terdiri dari yang dipilih dua siswa field independent dan tiga siswa field dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan model skema Fong kesalahan siswa dengan gaya kognitif field independent dalam mengerjakan soal aritmatika sosial pada penelitian ini adalah skema tidak lengkap tanpa kesalahan (E3) skema tidak lengkap dengan kesalahan (E4) dan skema lengkap dengan kesalahan (E5) sedangkan kesalahan siswa dengan gaya kognitif field dependent adalah tidak ada solusi (E1) prosedur tidak relevan (E2) dan skema tidak lengkap dengan kesalahan (E4). Kesalahan tingkat 2 yang terjadi pada siswa field independent adalah kesalahan operasional dan kesalahan psikologis sedangkan pada siswa field dependent adalah kesalahan operasional dan tematik matematis Kesalahan operasional yang dilakukan adalah kesalahan penghitungan dalam operasi perkalian kesalahan psikologis yang dilakukan adalah ketidaktelitian dalam menulis dan mensubstitusikan nilai sedangkan kesalahan tematik matematis yang dilakukan adalah kesalahan terkait konsep harga pembelian dan besarnya bunga. (2) Scaffolding yang digunakan dalam mengatasi kesalahan siswa field independent dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial pada penelitian ini adalah reviewing dan restructuring sedangkan pada siswa field dependent adalah explaining reviewing dan restructuring.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110919 |
Actions (login required)
View Item |