Analisis pemahaman relasional siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri / Muhammad Amin Nasir - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman relasional siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri / Muhammad Amin Nasir

Nasir, Muhammad Amin (2018) Analisis pemahaman relasional siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri / Muhammad Amin Nasir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasir Muhammad Amin. 2018. Analisis Pemahaman Relasional Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci Pemahaman Relasional Menyelesaikan Masalah Geometri Pemahaman relasional merupakan tingkat pemahaman siswa dalam memahami konsep dan prinsip matematika serta dapat memberikan alasan penggunaan konsep dan prinsip matematika dalam menyelesaikan suatu masalah. Siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tidak hanya menggunakan satu konsep atau satu prinsip tetapi seringkali dibutuhkan beberapa konsep atau prinsip. Penggunaan beberapa konsep dan prinsip matematika untuk menyelesaikan masalah disebut dengan ide penyelesaian masalah. Ide tersebut dapat digambarkan menjadi suatu jaringan yang dapat menjelaskan pemahaman relasional siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah masalah pada materi geometri. Masalah geometri seringkali menggunakan berbagai konsep atau prinsip matematika dalam penyelesaian masalahnya seperti sifat segitiga persegi persegi panjang atau teorema Pythagoras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman relasional siswa SMA dalam menyelesaikan masalah geometri. Siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian ini dipilih dari 25 siswa yang jawabannya benar semua. Siswa tersebut diberikan tiga soal yang memuat masalah geometri khususnya pada materi melukis bangun ruang hubungan titik garis dan bidang dalam ruang serta jarak dalam ruang. Subjek merupakan siswa dari kelas XI IPA 2 SMA Islam Nu Pujon yang memiliki nilai rata-rata Penilaian Tengah Semester (PTS) tertinggi dalam bidang matematika. Kemudian dilakukan wawancara pada tiga siswa yang terpilih untuk menggali pemahaman konsep dan prinsip matematika dalam menyelesaikan masalah geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing siswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip yang mereka gunakan dalam menyelesaikan masalah geometri. Siswa memahami dengan baik setiap konsep dan prinsip matematika. Hal ini ditunjukkan dari penjelasan yang diberikan siswa mengenai penggunaan konsep atau prinsip dalam penyelesaian masalahnya. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman siswa dalam materi geometri sudah pada tahap relasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110911

Actions (login required)

View Item View Item