Nurdiansyah, Ibnu (2018) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbantuan tangram bercirikan open-ended pada pokok bahasan segiempat dan segitiga kelas VII SMP / Ibnu Nurdiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nurdiansyah Ibnu. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbantuan Tangram Bercirikan Open-Ended pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Abd.Qohar M.T. Kata Kunci lembar kegiatan siswa open-ended tangram segiempat segitiga Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang masih beredar di sekolah khususnya jenjang SMP cenderung berisikan masalah rutin. Padahal kemampuan seseorang menyelesaikan masalah meningkat dengan cara diberi suatu masalah yang tidak rutin atau masalah yang baru bagi siswa dan dapat menumbuhkan kreativitas. Masalah tidak rutin yang mampu memfasilitasi kreativitas dan produktivitas siswa adalah masalah open-ended. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 2 Ponggok Blitar nampak juga siswa masih kesulitan dan belum terbiasa menyelesaikan masalah open-ended khususnya pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Selain itu LKS yang sering dikeluhkan adalah jenis dan ukuran huruf yang tidak terbaca dengan baik bahasa tidak dimengerti siswa dan tampilan tidak menarik. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa berbantuan tangram bercirikan open-ended pada pokok bahasan segiempat dan segitiga yang valid praktis dan efektif. Tangram adalah puzzle China yang terdiri dari 5 segitiga 1 jajar genjang dan 1 persegi sedemikian sehingga dapat dibentuk persegi. Tangram digunakan karena kepingan-kepingan tangram dapat disusun ulang menjadi berbagai bentuk dan dapat disesuaikan dengan masalah open-ended. Model penelitian dan pengembangan yang diadopsi dan dimodifikasi dari model pengembangan Plomp. Tahapan penelitian dan pengembangan terdiri dari (1) preliminary research (2) prototyping phase dan (3) assesment phase. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh validator. Uji coba lapangan dilakukan oleh 20 siswa kelas VII SMPN 2 Ponggok Blitar. Produk dikatakan valid ditinjau dari hasil uji (1) validasi RPP dengan skor validasi 119881 119886 3 82 dan (2) validasi LKS dengan skor validasi 119881 119886 3 93. Skor validasi tersebut berada pada tingkat valid atau rata-rata total 119881 119886 yang dicapai pada interval 3 8804 119881 119886 4. Produk dikatakan praktis ditinjau dari hasil (1) pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan skor 119875 119886 3 75 dan (2) pengisisan angket respon siswa dengan skor diperoleh 119875 119886 3 6. Skor kepraktisan tersebut berada pada tingkat praktis atau rata-rata total 119875 119886 yang dicapai pada interval 3 8804 119875 119886 4. Keefektifan produk ditunjukkan oleh 85% siswa mempunyai nilai lebih dari nilai standar ketuntasan minimum dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba lapangan Produk yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110910 |
Actions (login required)
View Item |