Asri, Dwita Tyasti (2018) Hambatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Sudut pada dimensi tiga dan scaffoldingnya / Dwita Tyasti Asri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Asri Dwita Tyasti. 2018. Hambatan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sudut pada Dimensi Tiga dan Scaffoldingnya . Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci hambatan berpikir penyelesaian masalah sudut pada dimensi tiga scaffolding Geometri merupakan salah satu topik yang pada pelajaran matematika yang memilki banyak permasalahan dalam pembelajarannya. Dalam pembelajaran geometri kemampuan penyelesaian masalah sangat diperlukan siswa dalam memahami konsep hubungan antar konsep dan hubungan antar konsep dengan bidang lain. Namun faktanya banyak siswa yang mengalami kesalahan dan kesulitan dalam belajar geometri. Kesulitan dalam belajar merupakan manifestasi adanya hambatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang hambatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah sudut pada dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi hambatan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah sudut pada dimensi tiga berdasarkan langkah kerja Polya dan deskripsi scaffolding yang sesuai untuk mengatasi hambatan berpikir siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Kepanjen. Selanjutnya dipilih enam subjek penelitian yang sudah memperlajari materi sudut pada dimensi tiga. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada kemampuan komunikasi siswa dalam mengemukakan gagasannya dan masukan guru pengajar matematika. Hambatan berpikir siswa diamati dari hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dan wawancara. Hambatan berpikir siswa dicermati dalam setiap langkap penyelesaian masalah berdaarkan tahap-tahap penhyelesaian masalah Polya yaitu memahami masalah (understanding the problem) menyusun rencana penyelesaian (devising a plan) melaksanakan rencana (carrying out the plan) dan memeriksa kembali (looking back). Selanjutnya wawancara dilakukan pada subjek penelitian untuk mengetahui hambatan berpikir yang dialami dalam menyelesaikan masalah berdasarkan langkah penyelesaian yang ditulis siswa. Scaffolding diberikan agar siswa dapat memperbaiki pekerjaannya. Hasil penelitian menunjukkan subjek penelitian berkemampuan tinggi mengalami hambatan berpikir pada langkah melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Hambatan disebabkan karena kurangnya pengetahuan awal kurangnya kemampuan analogi dan kurangnya kemampuan koneksi siswa. Scaffolding yang diberikan mencakup reviewing restructuring dan developing conceptual thinking. Subjek penelitian berkemampuan sedang dan rendah mengalami hambatan berpikir pada langkah menyusun rencana penyelesaian melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Hambatan disebabkan karena kurangnya pengetahuan awal kurangnya kemampuan analogi dan kurangnya kemampuan koneksi siswa. Scaffolding yang diberikan mencakup explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah praktisi pendidikan sebaiknya mengetahui proses berpikir siswa dan hambatan berpikir yang mungkin dialami siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat memberikan scaffolding dengan tepat. Pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan satu pedoman scaffolding untuk semua siswa walaupun kemampuannya berbeda sehingga terbuka peluang bagi peneliti lain untuk membuat scaffolding yang memperhatikan kemampuan siswa. Selain itu diharapkan ada penelitian lebih lanjut agar dapat mengatasi hambatan berpikir yang dialami siswa yang sama sekali tidak menjawab masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110909 |
Actions (login required)
View Item |