Komunikasi matematis tertulis beserta scaffolding dalam menyelsaikan soal barisan / Pratita Nindya Dyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi matematis tertulis beserta scaffolding dalam menyelsaikan soal barisan / Pratita Nindya Dyana

Dyana, Pratita Nindya (2018) Komunikasi matematis tertulis beserta scaffolding dalam menyelsaikan soal barisan / Pratita Nindya Dyana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dyana Pratita Nindya. 2018. Komunikasi Matematis Tertulis Beserta Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Barisan. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. rer.nat. I Made Sulandra M.Si (II) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. Kata Kunci komunikasi matematis tertulis scaffolding kekoherenan penggunaan representasi Kajian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan berkomunikasi matematis secara tertulis dimiliki oleh siswa dewasa ini. Kemampuan komunikasi matematis tertulis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam menjelaskan pemahamannya terhadap materi matematika. Pemahaman siswa salah satunya diukur melalui tes tertulis. Tes tertulis yang lazim diberikan oleh guru di Indonesia berisi soal-soal matematika berbentuk uraian dimana siswa harus menuliskan penyelesaian soal. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapati siswa yang menuliskan penyelesaian soal secara tidak urut. Ketidakurutan penyelesaian soal karena siswa menuliskan langkah penyelesaian soal tidak berurutan dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan mendeskripsikan komunikasi matematis tertulis subjek dan scaffolding yang tepat untuk mengatasi masalah yang timbul. Penelitian ini dilakukan di SMAK Kolese Santo Yusup Malang yang merupakan tempat ditemukannya masalah pada saat studi pendahuluan. Subjek penelitian akan diberikan 4 soal materi barisan kemudian subjek memilih 2 soal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Kedua soal terpilih tersebut kemudian dikerjakan oleh subjek secara individu selama 60 menit. Hasil pekerjaan subjek kemudian dianalisis berdasarkan kriteria aspek kekoherenan dan penggunaan representasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek tidak memenuhi 3 kriteria aspek kekoherenan yaitu tidak menuliskan apa yang ditanyakan soal penyelesaian soal tidak dituliskan urut dan tidak menjawab pertanyaan soal. Pertanyaan Coba lihat soalnya. Apa yang ditanyakan soal agar subjek menuliskan apa yang ditanyakan soal. Pertanyaan Apakah tulisanmu menggambarkan urutan langkah penyelesaian agar agar subjek menuliskan penyelesaian dengan urut. Pertanyaan Apakah pekerjaanmu sudah menjawab pertanyaan soal agar subjek menjawab pertanyaan soal. Selanjutnya berdasarkan aspek penggunaan representasi hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek HAB tidak menggunakan kata-kata (verbal) untuk menjelaskan langkah penyelesaian. Sehingga diberikan pertanyaan Bagaimana kamu memperoleh langkah ini Kamu boleh menggunakan kata-kata bila perlu . Sedangkan subjek FRI telah memenuhi kedua kriteria aspek penggunaan representasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110905

Actions (login required)

View Item View Item