Proses berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah open ended materi fungsi kuadrat ditinjau dari tipe kepribadian / Selfi Dwi Fulandari

Fulandari, Selfi Dwi (2018) Proses berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah open ended materi fungsi kuadrat ditinjau dari tipe kepribadian / Selfi Dwi Fulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fulandari, Selfi Dwi. 2018. Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Fungsi Kuadrat Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si., (2) Dra. Santi Irawati, Ph.D. Kata Kunci: proses berpikir kreatif, masalah open ended, fungsi kuadrat, tipe kepribadian Kreativitas memiliki peran penting untuk dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kreativitas dipandang sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah matematika melalui tahapan proses berpikir. Adapun tahapan proses berpikir kreatif yang dikembangkan oleh ahli yaitu Wallas yang terdiri dari persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dapat diukur melalui pemberian masalah open ended yang memiliki cara dan solusi tidak tunggal. Keberagaman cara dan solusi yang dihasilkan siswa dapat melihat keberagaman kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Keberagaman kreativitas siswa disebabkan keberagaman tingkah laku dan pola pikir siswa yang disebut dengan kepribadian siswa. Oleh karena itu, pentingnya proses berpikir kreatif dihubungkan dengan tipe kepribadian yaitu guru dapat mengetahui dan meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing siswa sesuai dengan tipe kepribadian yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa SMA dalam menyelesaikan masalah open ended materi fungsi kuadrat ditinjau dari tipe kepribadian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Terpilih 8 siswa SMA yang terlibat dalam subjek penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses berpikir kreatif siswa yang memiliki tipe kepribadian guardian, artisan, rasional dan idealis memenuhi empat tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi dalam menyelesaikan masalah open ended pada materi fungsi kuadrat. Tipe kepribadian guardian dapat menghasilkan 3 jawaban benar dan 3 strategi penyelesaian, artisan dapat menghasilkan 4 jawaban benar dan 2 strategi penyelesaian, rasional dapat menghasilkan 4 jawaban benar dan 3 strategi penyelesaian dan idealis dapat menghasilkan 5 jawaban benar dan 3 strategi penyelesaian. Pada aspek fleksibilitas siswa bertipe kepribadian idealis, rasional dan guardian dapat menghasilkan strategi penyelesaian paling banyak dibandingkan siswa bertipe kepribadian artisan. Pada aspek kelancaran siswa bertipe kepribadian idealis dapat menghasilkan jawaban benar paling banyak dibandingkan siswa bertipe kepribadian guardian, artisan dan rasional. Pada aspek kebaruan siswa bertipe kepribadian guardian, artisan, rasional dan idealis tidak dapat menghasilkan jawaban unik, tidak biasa dan tidak banyak dilakukan siswa lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110904

Actions (login required)

View Item View Item