Prihatini, Elfrieda Yapita Rethmy (2018) Pengembangan asesmen higher order thinking skill berbasis problem solving pada siswa kelas X IPA / Elfrieda Yapita Rethmy Prihatini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Prihatini Elfrieda Yapita Rethmy. 2018. Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skill berbasis Problem Solving pada Siswa Kelas X IPA. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abd. Qohar M.T. (II) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci Pengembangan Asesmen HOTS Problem Solving Penelitian ini didasari pada kebutuhan di lapangan akan perlu adanya asesmen yang mampu mengukur higher order thinking skill (HOTS) berbasis problem solving pada siswa kelas X IPA. Penelitian ini bertujuan mengembangkan asesmen HOTS berbasis problem solving yang valid dan praktis pada siswa kelas X IPA. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah hasil modifikasi dari model pengembangan Sugiyono dan juga Borg dan Gall yaitu (1) analisis kebutuhan (2) pengembangan produk (3) validasi produk (4) uji coba produk (5) revisi produk dan (6) uji coba terbatas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAK St. Albertus Malang. Objek pada penelitian ini adalah instrumen asesmen HOTS berbasis problem solving. Tiga soal yang dikembangkan kemudian divalidasi dan diuji coba. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen asesmen HOTS berbasis problem solving berupa soal tes berbentuk uraian memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil validasi isi instrumen asesmen menunjukan rata-rata skor penilaian tiga soal yang dikembangkan adalah 88 3 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan rentang nilai 74 75 8804 119878 119861 8804 92 rata-rata skor respons penilaian yang diberikan oleh guru dan siswa pada uji coba produk adalah 63 34 termasuk dalam kategori Sangat Baik dengan rentang nilai 58 5 8804 119878 119861 8804 72. Soal memiliki tingkat kesukaran beragam dan daya beda soal termasuk dalam kategori baik. Sedangkan hasil kepraktisan instrumen asesmen berdasarkan respons penilaian yang diberikan oleh guru dan siswa pada uji coba terbatas menunjukan rata-rata skor 65 82 termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan rentang nilai 58 5 8804 119878 119861 8804 72.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110903 |
Actions (login required)
View Item |