Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memahamkan konsep lingkaran untuk siswa SMP / Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memahamkan konsep lingkaran untuk siswa SMP / Wahyuni

Wahyuni (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk memahamkan konsep lingkaran untuk siswa SMP / Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyuni. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memahamkan Konsep Lingkaran untuk Siswa SMP. Tesis Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susiswo M.Si (2) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D Kata kunci perangkat pembelajaran RME lingkaran memahamkan konsep Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu lingkaran merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang terlihat dari perolehan hasil ulangan harian pada materi lingkaran pada tahun pelajaran sebelumnya ditemukan 59 57% dari siswa kelas VIII tidak mencapai KKM. Masalah lainnya adalah saat mengerjakan soal siswa sering lupa rumus dalam pengaplikasian yang dikarenakan siswa menghapal rumus dan bukan menemukan sendiri pemahaman siswa masih kurang terhadap materi lingkaran masih ada siswa yang kebingungan dalam mensubstitusikannya ke dalam rumus tersebut masih ada siswa yang tidak bisa membedakan jari-jari dan diameter lingkaran. Permasalahan tersebut disebabkan oleh di sekolah sedang peralihan dari KTSP ke K13 saat belajar siswa diberikan rumus guru menjelaskan dan memberikan contoh serta penyelesaiannya kemudian siswa mengerjakan soal latihan siswa kurang diarahkan untuk menemukan konsep sendiri buku penunjang yang digunakan berisi materi pelajaran dan latihan-latihan soal LKS yang digunakan di sekolah hanya berupa ringkasan materi dan latihan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKS bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi lingkaran yang valid praktis dan efektif dan mengetahui pemahaman konsep lingkaran siswa setelah menggunakan LKS bercirikan RME. Perangkat pembelajaran dikembangkan sebagai upaya untuk membantu siswa menemukan dan memahamkan konsep terhadap materi lingkaran SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal tahap prototipe dan tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP dan LKS bercirikan RME memenuhi kriteria valid karena telah sesuai dengan langkah-langkah RME dan pemahaman konsep lingkaran yang terlihat dari hasil analisis data RPP dan LKS yang dinyatakan valid dengan revisi atas saran/komentar validator. RPP dan LKS bercirikan RME memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan berdasarkan tingginya skor hasil pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Guru dan siswa merasakan pembelajaran yang menyenangkan. RPP dan LKS bercirikan RME memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan hasil uji keefektifan diperoleh hasil nilai kuis disetiap pertemuan dan UH lebih dari 80% siswa memperoleh nilai 75. Demikian pula untuk nilai UH. Selanjutnya respon siswa juga sangat baik siswa merasa senang dan cepat paham dengan materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan yang telah dianalisa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran bericirikan RME untuk memahamkan siswa pada materi lingkaran memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110902

Actions (login required)

View Item View Item