Representasi matematis siswa SMP dan kemampuan matematikanya ditinjau dari taksonomi bloom dalam menyelesaikan masalah sistem Persamaan Linear Dua Variabel / Lailin Hijriani

Hijriani, Lailin (2018) Representasi matematis siswa SMP dan kemampuan matematikanya ditinjau dari taksonomi bloom dalam menyelesaikan masalah sistem Persamaan Linear Dua Variabel / Lailin Hijriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hijriani, Lailin. 2018. Representasi Matematis Siswa SMP dan Kemampuan Matematikanya Ditinjau dari Taksonomi Bloom dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Swasono Rahardjo, M.Si, (II) Dr. Rustanto Rahardi, M.Si. Kata kunci: Representasi Matematis, Kemampuan Matematika, Taksonomi Bloom, SPLDV. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan Representasi Matematis Siswa SMP dan Kemampuan Matematikanya Ditinjau dari Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Representasi matematis yang dimaksud dalam penelitian adalah representasi verbal, simbolik, dan visual. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, tes representasi matematis, dan tes kemampuan matematika ditinjau dari Taksonomi Bloom. Enam dari siswa kelas VIII SMPN 9 Malang dijadikan subjek penelitian, yang terdiri dari masing-masing 2 subjek berkemampuan tinggi (S1) dan (S2), 2 subjek berkemampuan sedang (S3) dan (S4), dan 2 subjek berkemampuan rendah (S5) dan (S6). Subjek berkemampuan tinggi menggunakan representasi verbal berupa teks tertulis untuk menyelesaikan soal nomor 1, menggunakan representasi simbolik berupa persamaan matematis untuk menyelesaikan soal nomor 2, dan menggunakan representasi visual berupa gambar untuk menyelesaikan soal nomor 3. Adapun kemampuan matematika ditinjau dari Taksonomi Bloom belum mampu menyelesaikan soal level satu sampi level enam secara terurut dengan benar. Selanjutnya untuk subjek berkemampuan sedang menggunakan representasi verbal berupa teks tertulis untuk menyelesaikan soal nomor 1, menggunakan representasi simbolik berupa persamaan matematis untuk menyelesaikan soal nomor 2, dan menggunakan representasi visual berupa gambar untuk menyelesaikan soal nomor 3. Adapun kemampuan matematika ditinjau dari Taksonomi Bloom belum mampu menyelesaikan soal level satu sampi level enam secara terurut dengan benar. Selanjutnya untuk subjek berkemampuan rendah menggunakan representasi verbal berupa teks tertulis untuk menyelesaikan soal nomor 1, menggunakan representasi simbolik berupa persamaan matematis untuk menyelesaikan soal nomor 2, dan menggunakan representasi visual berupa gambar untuk menyelesaikan soal nomor 3. Adapun kemampuan matematika ditinjau dari Taksonomi Bloom belum mampu menyelesaikan soal level satu sampi level enam secara terurut dengan benar. Secara keseluruhan kemampuan subjek dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel berbeda-beda. Hal ini terlihat dari masih vii terdapatnya proses penyelesaian yang belum terjawab dengan benar, meskipun representasi yang digunakan sudah tepat tetapi terdapat beberapa soal yang belum terjawab dengan benar. Sedangkan untuk kemampuan matematika keenam subjek ditinjau dari level Taksonomi Bloom belum ada yang mampu menyelesaikan soal level satu sampai enam secara berturut-turut dengan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110901

Actions (login required)

View Item View Item