Komunikasi matematis guru matematika dalam mengajar / Faiqotul Himmah

Himmah, Faiqotul (2018) Komunikasi matematis guru matematika dalam mengajar / Faiqotul Himmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Faiqotul Himmah. 2018. Komunikasi Matematis Guru Matematika dalam Mengajar.Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., M.A,(II) Drs. Dwiyana, M.Pd., Ph.D Kata kunci: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika Pada dasarnya kegiatan pembelajaran adalah kegiatan komunikasi, terlebih pada pembelajaran matematika. Hal tersebut dikarenkan dalam proses pembelajaran antara guru dan siswa, maupun siswa dengan temannya terlibat dalam proses komunikasi. Proses komunikasi tersebut dapat berupa guru yang menyampaikan informasi, penggunaan media pembelajaran, dan siswa sebagai penerima informasi dan pelaku dalam diskusi. Namun, salah satu kendala yang terjadi bahwa siswa MTs. Ma’arif Sukorejo masih belum cukup mampu mengomunikasikan ide matematematisnya secara tulisan. Karena kemampuan siswa juga dipengaruhi oleh pengalaman belajarnya, sehingga dilakukan penelitian terhadap komunikasi matematis guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis yang dilakukan oleh guru matematika dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat terlihat komunikasi matematis guru baik lisan maupun tulisan dalam proses pembelajaran seperti apa yang membantu siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan kepada salah satu guru matematika senior di MTs. Ma’arif Sukorejo dengan kriteria mempunyai pengalaman mengajar lebih dari 15 tahun, memiliki sertifikat guru profesional dalam bidang pendidikan matematika, dan memiliki kualifikasi akademik di bidang pendidikan matematika. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen pendukung yang digunakan adalah video rekaman proses pembelajaran dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa komunikasi matematika lisan guru mendominasi kegiatan pembelajaran baik ketika guru menjelaskan konsep matematika kepada siswa serta membimbing siswa menggunakan prosedur dalam menyelesaikan soal. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan komunikasi tulis kurang ditekankan dalam pembelajaran. Guru tidak mengarahkan siswa untuk menjelaskan alasan-alasan pada setiap langkah yang digunakannya. Sehingga memungkinkan terjadinya kesalahpahaman kepada pembaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110900

Actions (login required)

View Item View Item