Pengembangan buku siswa berbasis pemecahan masalah pada materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung / Thoufina Kurniyati

Kurniyati, Thoufina (2018) Pengembangan buku siswa berbasis pemecahan masalah pada materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung / Thoufina Kurniyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniyati, Thoufina. 2018. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hery Susanto, M.Si (II) Drs. Dwiyana, M.Pd, Ph.D. Kata Kunci: buku siswa, pemecahan masalah, bangun ruang sisi lengkung Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku siswa berbasis pemecahan masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan teori pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah. Namun berdasarkan penelitian awal kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah masih cenderung rendah yaitu persentase kemampuan pemecahan masalah sebesar 24%. Hal ini diakibatkan buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS) yang ada belum mendukung siswa untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Buku siswa menyajikan beberapa masalah yang non routine, tertutup, dan bukan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu LKS menyajikan latihan soal yang routine, tertutup, dan bukan masalah kehidupan sehari-hari serta menyajikan rumus tanpa memberikan konsep (terutama pada materi bangun ruang sisi lengkung). Oleh sebab itu, penting untuk peneliti mengembangkan buku siswa untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu penelitian awal, fase prototipe, dan fase penilaian. Instrumen pada penelitian ini yaitu: (1) lembar validasi; (2) angket respon guru model; (3) lembar observasi keterlaksanaan RPP; (4) tes kemampuan pemecahan masalah; (5) rubrik penilaian hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Kevalidan produk dinilai dari hasil validasi (dengan instrumen lembar validasi buku siswa) sedangkan kepraktisan (dengan instrumen angket respon guru model dan lembar keterlaksanaan RPP) dan keefektifan (dengan instrumen tes dan rubrik penilaian hasil tes kemampuan pemecahan masalah) dinilai dari hasil ujicoba lapangan. Ujicoba lapangan dilakukan di MTs Attaraqqie Kota Malang. Hasil uji kevalidan dari dua validator menunjukkan bahwa buku siswa memenuhi kriteria valid yaitu skor yang diperoleh 3,37. Validator menyatakan bahwa masalah yang diberikan merupakan masalah yang konseptual dan kontekstual sehingga dapat melatih kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji kepraktisan dari guru model dan dua observer memenuhi kriteria praktis yaitu skor yang diperoleh berturut-turut 3,78 dan 3,25. Guru model menyatakan bahwa buku siswa dapat digunakan dengan baik dan mudah. Observer menyatakan juga bahwa buku siswa berbasis pemecahan masalah membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi dan siswa katif dalam menemukan jawaban di setiap masalah yang diberikan. Hasil uji keefektifan menunjukkan bawa buku siswa memenuhi kriteria efektif yaitu 84,38% siswa mempunyai kategori yang tinggi dalam memecahkan masalah dan beberapa siswa menyatakan bahwa buku siswa memberikan pengalaman berbeda dalam belajar yaitu melakukan generalisasi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110899

Actions (login required)

View Item View Item