Pengembangan bahan ajar mataeri Perbandingan bercirikan realistic mathematic education / Manopo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mataeri Perbandingan bercirikan realistic mathematic education / Manopo

Manopo (2018) Pengembangan bahan ajar mataeri Perbandingan bercirikan realistic mathematic education / Manopo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Manopo. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Materi Perbandingan Bercirikan Realistic Mathematics Education. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. (1) Dr. Sudirman M.Si. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci pengembangan bahan Ajar realistic mathematics education perbandingan Bahan ajar merupakan sumber ilmu pengetahuan yang digunakan guru sebagai bahan rujukan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di beberapa SMP di Malang sebagian besar tidak menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini terjadi karena bahan ajar yang digunakan memiliki kekurangan dari segi isi dan konten khususnya pada materi perbandingan. Penyajian konsep pada materi perbandingan tidak dimulai dengan sesuatu yang berhubungan kehidupan siswa sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengembangan bahan ajar. Penelitian pengembangan ini melalui tiga tahap pengembangan yaitu (1) tahap pendahuluan (2) tahap prototipe dan (3) tahap asesmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar materi perbandingan bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) dengan kriteria valid praktis dan efektif. Kriteria valid praktis dan efektif diperoleh melalui hasil validasi dan uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui instrumen bahan ajar RPP lembar observasi aktivitas guru dan siswa angket respon siswa dan tes penguasaan bahan ajar berserta lembar validasinya. Hasil validasi dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Bahan ajar sudah memenuhi kriteria valid secara isi dan konstruk. Bahan ajar sudah memenuhi kriteria praktis dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang masuk pada kategori sangat aktif dan respon siswa sangat positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar memenuhi kriteria efektif dengan 62% siswa dapat menyelesaikan tes penguasaan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu memuat masalah yang berhubungan dengan kehidupan siswa untuk memahami konsep perbandingan memberikan kesempatan siswa mengonstruk pengetahuannya mendukung siswa dalam proses matematisasi mendukung pembelajaran secara berkelompok dan semua latihan soal disajikan dengan masalah yang dekat dengan kehidupan siswa. Adapun saran dalam penggunaan bahan ajar ini adalah sebagai pelengkap bahan ajar yang sudah ada di sekolah dan juga sebagai referensi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran RME pada materi perbandingan. Guru disarankan untuk memperhatikan setiap kegiatan agar semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110898

Actions (login required)

View Item View Item