Santosa, Amalia Martha (2018) Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Kelancaran Prosedural Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMA / Amalia Martha Santosa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Santosa Amalia Martha. 2018. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual dan Kelancaran Prosedural Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo M.Si. (II) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. Kata Kunci inkuiri terbimbing pemahaman konseptual kelancaran prosedural trigonometri Hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMAN 7 Malang menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa pada materi trigonometri masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika dan pengetahuan menampilkan prosedur secara tepat. Metode pembelajaran yang sering digunakan pada materi trigonometri yaitu ceramah. Oleh karena itu perlu adanya perubahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas berupa pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa aktif secara fisik dan mental sehingga siswa membangun sendiri pengetahuannya salah satunya yaitu pembelajaran metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa materi trigonometri kelas X SMA. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 SMAN 7 Malang. Metode penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model alur penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. PTK model Kemmis dan Taggart memiliki alur pelaksanaan tindakan yang berbentuk siklus penelitian yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu data hasil validasi instrumen observasi kegiatan guru dan siswa hasil tes akhir siklus dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah pada pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu stimulation (pemberian rangsangan) problem statement (identifikasi masalah) data collection (pengumpulan data) data processing (pengolahan data) verification (pembuktian) dan generalization (penarikan kesimpulan). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus hingga mencapai kriteria keberhasilan. Hasil penelitian rata-rata penilaian observasi kegiatan guru maupun siswa pada siklus I dan II mencapai keberhasilan yaitu berada dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil tes akhir siklus I dimana persentase skor hasil tes akhir siklus pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa sebesar 21 % dan tes akhir siklus II sebesar 76 %. Sehingga siklus II yang memenuhi bahwa lebih dari 75% dari jumlah siswa mendapat skor lebih dari atau sama dengan 75. Selain itu adanya peningkatan presentase rata-rata skor tes akhir siklus II berdasarkan indikator pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural dibandingkan dengan pelaksanaan tindakan pada siklus I. Dapat disimpulkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi trigonometri pada penelitian ini berhasil meningkatkan pemahaman konseptual dan kelancaran prosedural siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110895 |
Actions (login required)
View Item |