Miskonsepsi siswa SMP kelas IX pada materi Bentuk Akar beserta scaffoldingnya / Ayu Dwi Setyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Miskonsepsi siswa SMP kelas IX pada materi Bentuk Akar beserta scaffoldingnya / Ayu Dwi Setyaningtyas

Setyaningtyas, Ayu Dwi (2018) Miskonsepsi siswa SMP kelas IX pada materi Bentuk Akar beserta scaffoldingnya / Ayu Dwi Setyaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyaningtyas Ayu Dwi. 2018. Miskonsepsi Siswa Kelas IX pada Materi Bentuk Akar Beserta Scaffoldingnya Tesis Jurusan Pendikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. (2) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata Kunci miskonsepsi bentuk akar scaffolding Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap guru matematika kelas IX didapatkan informasi bahwa pemahaman siswa pada materi bentuk akar sangat kurang. Hal tersebut terbukti dari hasil try out siswa kelas 9 yang sering mengalami kesalahan pada materi bentuk akar. Untuk membedakan antara kesalahan siswa yang mengalami miskonsepsi dan tidak paham konsep peneliti menggunakan CRI yaitu ukuran tingkat keyakinan responden dalam menjawab soal yang diberikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa SMP kelas IX pada materi bentuk akar kemudian memperbaiki miskonsepsi tersebut melalui proses scaffolding. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IXA yang dipilih berdasarkan tes diagnostik miskonsepsi yang dilengkapi dengan kriteria CRI pada materi bentuk akar. Kemudian akan dilakukan scaffolding kepada subjek yang terpilih tersebut. Data yang diperoleh berupa dokumen hasil tes diagnostik dan transkrip proses scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan beberapa miskonsepsi yang terjadi pada materi bentuk akar. Pertama miskonsepsi yang terjadi pada konsep akar pangkat 119899 . Kedua adalah miskonsepsi yang terjadi pada konsep bentuk akar. Ketiga adalah miskonsepsi yang terjadi pada sifat-sifat bentuk akar untuk 119899 genap maka 8730 119886 119899 119899 119886 119886 8805 0 8722 119886 119886

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110893

Actions (login required)

View Item View Item