Pengembangan bahahn ajar transformasi geometri berdasarkan masalah konrtekstual / Meylia Dwi Jayanti

Jayanti, Meylia Dwi (2018) Pengembangan bahahn ajar transformasi geometri berdasarkan masalah konrtekstual / Meylia Dwi Jayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jayanti, Meylia Dwi. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berdasarkan Masalah Kontekstual. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, (2) Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D. Kata Kunci: Bahan Ajar, Transformasi Geometri, Masalah Kontekstual. Penelitian pengembangan ini berdasarkan dari hasil observasi di SMA Negeri 3 Blitar dalam kegiatan pembelajaran LKS yang digunakan selama ini, LKS yang berasal dari penerbit di luar sekolah, dan kurang sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan ke masalah kontekstual. Namun LKS yang digunakan kebanyakan hanya menyajikan ringkasan materi, contoh soal beserta penyelesaianya, dan latihan soal yang hanya melatih keterampilan prosedural dan jauh dari kegiatan menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Selain itu, kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut kurang melibatkan siswa secara aktif karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa merasakan kegiatan pembelajarannya membosankan dan kurang efektif. Guru di sekolah tersebut juga tidak menggunakan alternatif bahan ajar yang lain, sehingga LKS yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan LKS yang dapat membantu siswa untuk melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi bermakna dan sesuai dengan kurikulum 2013. LKS yang dikembangkan menyajikan masalah kontekstual pada materi transformasi geometri untuk kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu bahan ajar berupa LKS yang menyajikan masalah kontekstual pada materi transformasi geometri yang valid, praktis, dan efektif. Selain itu, tujuan pengembangan bahan ajar ini yaitu melatih keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual, memberikan kegiatan pembelajaran yang efektif, menyenangkan dan bermakna kepada siswa. Sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar yang baik dan siswa dapat mencapai nilai yang diharapkan. Langkah-langkah pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan Plomp (2010) yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal (preliminary research), fase pengembangan (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Berdasarkan uji coba dan analisis, maka (1) LKS dinyatakan valid berdasarkan hasil skor rata-rata dari semua aspek penilaian yaitu sebesar 3,36, sehingga LKS yang dikembangkan dapat diujicobakan di kelas uji coba. (2) LKS dinyatakan praktis berdasarkan hasil skor penguasaan LKS dikategorikan penguasaan tinggi, serta respon siswa terhadap LKS positif. Hal ini menunjukkan bahwa LKS mudah digunakan oleh siswa. (3) LKS dinyatakan efektif berdasarkan hasil presentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu sebesar 84%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal tercapai. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan pada penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Akan tetapi revisi LKS tetap dilakukan peneliti berdasarkan komentar, saran, dan catatan dari subjek uji coba sebagai perbaikan LKS yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110892

Actions (login required)

View Item View Item