Oliviani, Firmadela Namida (2018) Identifikasi dan dampak kesalahan metakognitif siswa SMP dalam pemecahan masalah Persamaan Linear / Firmadela Namida Oliviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii RINGKASAN Oliviani Firmadela Namida. 2018. Identifikasi dan Dampak Kesalahan Metakognitif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Persamaan Linear. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Susiswo M.Si. Kata kunci dampak identifikasi kesalahan metakognitif Pemecahan masalah terkait erat dengan aktivitas metakognitif yang disebut metakognisi. Aktivitas metakognitif dalam konteks pemecahan masalah meliputi tiga aspek yaitu aspek kesadaran (awareness) regulasi (regulation) dan evaluasi (evaluation). Metakognisi didefinisikan sebagai kesadaran perhatian dan kontrol seseorang terhadap proses kognitif dan strateginya sendiri. Aktivitas metakognitif berhasil jika siswa berhasil menanggapi red flag. Tiga jenis red flag dalam aktivitas metakognitif adalah tidak adanya kemajuan dalam menemukan solusi (lack of progress) deteksi adanya kesalahan (error detection) dan keambiguan pada hasil akhir (anomalous result). Dalam pemecahan masalah kesalahan metakognitif dikategorikan berdasarkan kegagalan metakognitif meliputi metacognitive blindness metacognitive mirage metacognitive vandalism dan metacognitive misdirection. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah Persamaan Linear dan dampaknya. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Blitar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian berjumlah enam siswa yang terdiri dari dua subjek dengan kemampuan matematis tinggi dua subjek dengan kemampuan matematis sedang dan dua subjek dengan kemampuan matematis rendah. Subjek terpilih merupakan subjek yang mengalami kesalahan pada solusi dan langkah kerjanya dalam pemecahan masalah persamaan linear serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik atas saran guru. Data yang diperoleh dari hasil tes siswa kemudian diidentifikasi kesalahan metakognitif selanjutnya jawaban siswa dikonfirmasi melalui wawancara. Hasil identifikasi kesalahan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah Persamaan Linear dan dampaknya menyatakan bahwa kesalahan metakognitif pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi cenderung mengarah pada metacognitive misdirection. Kesalahan metakognitif pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis sedang cenderung mengarah pada metacognitive vandalism. Selanjutnya kesalahan metakognitif pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan matematis rendah cenderung mengarah pada metacognitive blindness dan metacognitive vandalism. Dampak dari metacognitive blindness adalah kesalahan berikutnya berupa metacognitive blindness metacognitive vandalism dan kegagalan dalam pemecahan masalah Persamaan Linear. Dampak dari metacognitive mirage adalah kesalahan berikutnya berupa metacognitive mirage dan kegagalan dalam pemecahan viii masalah Persamaan Linear. Dampak dari metacognitive vandalism adalah kesalahan berikutnya berupa metacognitive vandalism dan kegagalan dalam pemecahan masalah Persamaan Linear. Dampak dari metacognitive misdirection adalah kegagalan dalam pemecahan masalah Linear dan berpikir matematis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110891 |
Actions (login required)
View Item |