Defragmentasi struktur berpikir siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita program linear / Anita Dwi Septian - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmentasi struktur berpikir siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita program linear / Anita Dwi Septian

Septian, Anita Dwi (2018) Defragmentasi struktur berpikir siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita program linear / Anita Dwi Septian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Septian Anita Dwi. 2018. Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D. (2) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. Kata Kunci defragmentasi struktur berpikir reflektif impulsif Masalah matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari dapat disajikan dalam bentuk soal cerita. Program linear merupakan salah satu pokok bahasan dalam matematika yang menyajikan berbagai konteks soal cerita. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas XI di SMAN 4 Malang beberapa siswa masih mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Kesalahan tersebut terjadi karena terdapat ketidaksesuaian antara struktur berpikir siswa saat mengerjakan soal yang diberikan dengan struktur masalah pada soal. Maka dari itu defragmentasi struktur berpikir siswa diperlukan agar sesuai dengan struktur masalah pada soal. Defragmentasi yang dilakukan didasarkan pada gaya kognitif konseptual tempo siswa yakni reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal cerita program linear. Terdapat masing-masing dua subjek penelitian baik reflektif maupun impulsif yang ditentukan dari hasil Matching Familiar Figure Test (MFFT) hasil pengerjaan tes awal serta hasil think aloud dan wawancara siswa. Selanjutnya keempat subjek penelitian tersebut melaksanakan tes evaluasi untuk menguji keefektifan proses defragmentasi yang telah dilakukan melalui beberapa intervensi terencana dari peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa defragmentasi struktur berpikir siswa (subjek penelitian) reflektif dalam menyelesaikan soal cerita program linear yaitu sebagai berikut. Kesalahan siswa pada tahap memahami soal cerita dapat diperbaiki melalui intervensi disequlibrasi conflict cognitive dan scaffolding. Kesalahan siswa pada tahap merencanakan strategi penyelesaian dapat diperbaiki melalui intervensi disequlibrasi. Kesalahan siswa pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dapat diperbaiki melalui intervensi disequlibrasi conflict cognitive dan scaffolding. Terakhir kesalahan siswa pada tahap memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian soal cerita dapat diperbaiki melalui intervensi disequlibrasi dan scaffolding. Sementara itu defragmentasi struktur berpikir siswa (subjek penelitian) impulsif dalam menyelesaikan soal cerita program linear yaitu sebagai berikut. Kesalahan siswa pada tahap memahami soal cerita merencanakan strategi penyelesaian soal serta melaksanakan rencana penyelesaian dapat diperbaiki melalui intervensi yang sama seperti pada siswa reflektif (sesuai dengan masing-masing tahapan penyelesaian soal). Perbedaannya yaitu banyaknya intervensi yang diberikan kepada siswa impulsif lebih banyak daripada siswa reflektif. Selanjutnya kesalahan siswa pada tahap memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian soal cerita dapat diperbaiki melalui intervensi disequlibrasi conflict cognitive dan scaffolding.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110890

Actions (login required)

View Item View Item