Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri spasial PISA / Dwi Rahmawati Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri spasial PISA / Dwi Rahmawati Utami

Utami, Dwi Rahmawati (2018) Analisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal geometri spasial PISA / Dwi Rahmawati Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Utami Dwi Rahmawati. 2018. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Spasial PISA. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci geometri spasial pemetaan kognitif PISA proses berpikir teori pemprosesan informasi Pengukuran keberhasilan Pendidikan salah satunya dilakukan oleh OECD Organization for Economic Cooperation and Development secara internasional. Tes ini diselenggarakan setiap tiga tahun untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah usia 15 tahun. Pengukuran tersebut dilakukan dengan tes PISA (Programme for International Student Assessment). Siswa Indonesia dalam hasil tes berada pada posisi bawah. Siswa dalam melakukan aktivitas pemecahan masalah pada soal matematika PISA melibatkan proses berpikir. Berpikir dimaksudkan sebagai proses kognitif yang meliputi penerimaan pengolahan penyimpanan dan pemanggilan kembali infomasi dalam ingatan siswa. Pengungkapan proses berpikir siswa dilakukan dengan pemetaan kognitif. Pemetaan kognitif merupakan tehnik yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan tahapan tahapan pemrosesan informasi. Oleh karena itu dalam penelitian ini pemetaan kognitif disusun berdasarkan teori pemrosesan informasi. Proses berpikir dalam penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu tahap pencatatan tahap memori jangka pendek dan tahap memori jangka panjang. dalam tiap tahapnya terjadi beberapa proses antara lain proses perhatian persepsi pembiasaan penyandian pemanggilan dan pengulangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan materi geometri spasial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Geometri Spasial PISA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP 1 Lawang kelas IX semester II. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Soal Geometri spasial PISA yang digunakan dalam penelitian ini merupakan soal level 1 sampai 6. Hasil penelitian berupa deskripsi proses berpikir siswa dalam menentukan selesaian soal geometri PISA yang dideskripsikan melalui pemetaan kognitif berdasarkan teori pemrosesan informasi. Terjadinya proses berpikir siswa berawal dari adanya stimulus berupa informasi yang ada pada soal geometri spasial PISA yang kemudian direkam dalam Pencatatan. Kemudian informasi tersebut mendapatkan Perhatian. Dari Perhatian tersebut mengalami pemaknaan sehingga dapat menentukan persepsi. Setelah terjadi persepsi pembasaan terjadi atas informasi dan menimbulkan asumsi-asumnya yang akan masuk ke Tahap Memori Jangka Pendek. Asumsi yang ada kemudian dilakukan Penyandian ke Tahap Memori jangka Panjang yang kemudian dilakukan Pemanggilan. Hingga pengerjaan selesaian akan terjadi pengulangan informasi dan juga memungkinkan adanya Hilang Konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110887

Actions (login required)

View Item View Item