Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita / Rianti Mandasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita / Rianti Mandasari

Mandasari, Rianti (2018) Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita / Rianti Mandasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mandasari Rianti. 2018. Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. (II) Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D. Kata kunci komunikasi matematis soal cerita himpunan Komunikasi matematis merupakan suatu strategi untuk berbagi ide-ide yang dapat memperjelas pemahaman siswa. Komunikasi matematis merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu cara meningkatkan komunikasi matematis siswa dengan memberikan soal cerita. Karena soal cerita dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide-ide atau pemahamannya dalam bentuk tulisan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Indikator komunikasi matematis tulis dalam penelitian yaitu memahami permasalahan menyatakan situasi dengan gambar atau simbol matematis mengilustrasikan ide-ide matematis dalam bentuk model matematika proses penyelesaian permasalahan menarik kesimpulan dan keruntutan jawaban. Subjek penelitian terdiri dari tiga kelompok yaitu dua subjek berkemampuan tinggi (S1 dan S2) sedang (S3 dan S4) dan rendah (S5 dan S6). Data yang diperoleh berupa hasil tes tulis dan wawancara dari enam subjek dianalisis berdasarkan indikator komunikasi matematis tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap memahami masalah S1 S2 S4 dan S5 dapat menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari ketiga soal. S3 dan S6 hanya menuliskan apa yang diketahui dari ketiga soal. Tahap kedua S1 S2 dan S3 dapat mengambarkan diagram Venn menuliskan simbol dan anggota himpunan. Tetapi pada nomor 3 S1 dan S3 belum dapat menggambarkan diagram Venn. S4 hanya dapat mengambarkan diagram Venn menuliskan simbol dan anggota himpunan pada nomor 2. S5 dan S6 belum dapat menggambarkan diagram Venn dengan benar dari ketiga soal. Tahap ketiga S1 S2 dan S3 dalam menuliskan simbol matematis pada model matematika belum konsisten. Tetapi pada nomor 3 S1 dan S3 tidak menuliskan model matematika. S4 S5 dan S6 tidak menuliskan model matematika dari ketiga soal. Tahap keempat S1 S2 dan S3 dapat melakukan proses penyelesaian. Tetapi pada nomor 3 S1 dan S3 belum dapat melakukan proses penyelesaian. S4 dapat melakukan proses penyelesaian hanya pada nomor 2. S5 dan S6 belum dapat melakukan proses penyelesaian dari ketiga soal. Tahap kelima S1 S2 S4 dan S6 dapat menuliskan kesimpulan dari hasil penyelesaian pada ketiga soal. S3 dan S5 tidak menuliskan kesimpulan hanya pada nomor 3. Tahap keenam S1 S2 S3 S4 S5 dan S6 dalam menuliskan keruntutan jawaban pada ketiga soal belum tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110885

Actions (login required)

View Item View Item