Amir, Nur Fadillah (2018) Komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi bangun ruang sisi datar / Nur Fadillah Amir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
xvi RINGKASAN Nur Fadillah Amir. 2018. Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dengan Gaya Belajar Visual Auditorial dan Kinestetik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci komunikasi matematis visual komunikasi matematis tulis komunikasi matematis lisan gaya belajar bangun ruang sisi datar. Komunikasi matematis merupakan kecakapan yang dimiliki siswa dalam memaparkan ide-ide matematikanya secara lisan tertulis gambar diagram menggunakan benda nyata atau menggunakan simbol matematika. Siswa yang dapat mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan matematisnya dengan tepat cenderung mempunyai pemahaman konsep yang baik dan mampu melakukan pemecahan masalah yang sesuai dengan konsep yang dipelajari. Komunikasi matematis siswa juga dapat berbeda-beda tergantung gaya belajar yang dimiliki siswa karena gaya belajar bisa mempengaruhi proses pembelajaran siswa dikelas sehingga keberagaman yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan masalah pasti berbeda-beda serta gaya belajar telah terbukti memberikan peran penting dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki gaya belajarnya sendiri yang menentukan bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis visual tulis dan lisan siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud adalah gaya belajar visual auditorial dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga dipilih sampelnya adalah kelas VIIIA. Kemudian untuk subjek penelitian dilakukan dengan teknik porposive yaitu dengan pertimbangan dari skor tertinggi gaya belajar siswa dan keaktifan siswa saat pembelajaran sehingga diperoleh 6 subjek yaitu 2 orang subjek dengan gaya belajar visual 2 orang subjek dengan gaya belajar auditorial dan 2 orang subjek dengan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik dapat menyajikan masalah kedalam bentuk gambar yang sesuai dan melengkapi gambar dengan menuliskan keterangan-keterangannya serta subjek dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu memahami masalah dengan menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada soal kemudian mampu menuliskan konsep rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal dan mampu menyelesaikan masalah dengan menganalisis ide-ide matematisnya dengan menuliskan kesimpulan diakhir penyelesaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110884 |
Actions (login required)
View Item |