Pengembangan bahan ajar berbantuan webquest berbasis inkuiri pada materi teorema Pythagoras / Khairatul Ulya Phonna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbantuan webquest berbasis inkuiri pada materi teorema Pythagoras / Khairatul Ulya Phonna

Phonna, Khairatul Ulya (2018) Pengembangan bahan ajar berbantuan webquest berbasis inkuiri pada materi teorema Pythagoras / Khairatul Ulya Phonna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Phonna Khairatul Ulya. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan WebQuest Berbasis Inkuiri pada Materi Teorema Pythagoras. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Makbul Muksar M.Si. (2) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci bahan ajar webquest inkuiri teorema Pythagoras Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti diperoleh bahwa guru sudah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran matematika namun pembelajaran masih berpusat pada guru guru menjelaskan materi ajar hanya dengan bantuan powerpoint yang berisi ringkasan materi dan soal-soal latihan yang berkaitan dengan materi ajar. Pada era globalisasi saat ini guru tidak hanya menyesuaikan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi namun guru juga harus melibatkan siswa dalam penggunaan bahan ajar tersebut. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan siswa terlibat langsung salah satunya adalah bahan ajar berbantuan WebQuest. Penggunaan bahan ajar ini melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan melakukan aktivitas inkuiri sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan bahan ajar berbantuan WebQuest dilakukan dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan bahan ajar berbantuan WebQuest berbasis inkuiri pada materi teorema Pythagoras yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan untuk terpenuhi valid praktis dan efektif adalah model pengembangan ASSURE yaitu meliputi tahap analyze learners state objectives select methods media and materials utilize media and materials require learner participation dan evaluate and revise. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dari SMP Negeri 8 Malang diantaranya 6 siswa dari kelas VIII-B sebagai subjek uji coba awal dan 31 siswa dari kelas VIII-A sebagai subjek uji coba lapangan. Hasil penelitian ini adalah diperoleh bahan ajar berbantuan WebQuest berbasis inkuiri yang memenuhi kriteria valid dengan perolehan nilai X 31 untuk aspek tampilan nilai X 12 5 untuk aspek bahasa dan nilai X 24 5 untuk aspek isi WebQuest. Bahan ajar berbantuan WebQuest juga memenuhi kriteria praktis dengan perolehan nilai IP 4 nilai IO 4 02 untuk pengamatan aktivitas guru dan IO 4 01 untuk pengamatan aktivitas siswa. Bahan ajar berbantuan WebQuest juga memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil angket respon siswa yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon positif pada pembelajaran dan skor tingkat penguasaan siswa terhadap materi bahan ajar mencapai kategori tinggi dengan nilai 79 61.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110882

Actions (login required)

View Item View Item