Hambatan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel dan pemberian scaffolding / Norma Indriani Maftuhul Jannah

Jannah, Norma Indriani Maftuhul (2018) Hambatan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel dan pemberian scaffolding / Norma Indriani Maftuhul Jannah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah, Norma Indriani Maftuhul. 2018. Hambatan Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Linier Satu Variabel dan Pemberian Scaffolding. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Erry Hidayanto, M. Si., (II) Dr. Makbul Muksar, S. Pd., M. Si. Kata kunci: Hambatan kognitif, masalah matematika, scaffolding Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah merupakan tujuan utama dalam pembelajaran matematika di sekolah. Dengan belajar menyelesaikan masalah dalam matematika, siswa akan memiliki cara-cara berpikir yang baik, memiliki watak pantang menyerah dan rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi situasi yang tidak biasa. Namun kenyataannya, ketika siswa dihadapkan pada soal-soal masalah nyata yang berkaitan dengan materi persamaan linier satu variabel, dimana siswa harus memodelkan masalah tersebut untuk menyelesaikannya, siswa tidak mampu mennyelesaikan masalah dengan benar. Siswa hanya menguasai cara mencari selesaian dari suatu persamaan linear satu variabel. Adanya kesulitan yang dialami siswa ketika menyelesaikan masalah nyata tersebut dimungkinkan siswa sedang mengalami hambatan kognitif. Dengan meneliti hambatan kognitif, dapat membantu mengidentifikasi kesulitan yang ditemui oleh siswa dalam proses pembelajaran dan untuk menentukan strategi yang lebih tepat untuk mengajar serta sebagai jembatan antara yang tidak diketahui dan yang diketahui dalam mengerjakan suatu tugas. Oleh karena itu, perlu diteliti lebih dalam tentang hambatan kognitif siswa sekaligus pemberian scaffolding-nya guna menjadi alternatif untuk mengatasi hambatan kognitif siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap apa saja hambatan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas VII E SMPN 7 Jember. Untuk mendapatkan subjek penelitian, maka dilakukan dua kali tes pada siswa kelas VII E di SMPN 7 Jember. Tes pertama berisi soal-soal yang mencari selesaian pada persamaan linear satu variabel. Tes kedua berisi soal masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. Siswa yang tidak mampu menyelesaikan tes kedua dengan benar maka akan dipilih sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hambatan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah pada persamaan linear satu variabel yaitu kemampuan siswa dalam menggali informasi masih kurang, terlalu fokus pada prosedur dan proses sehingga mengabaikan kebenaran model matematika, pengetahuan siswa tentang materi prasyarat yang berhubungan dengan soal masih kurang, kemampuan siswa dalam membuat koneksi matematis masih kurang. Kemudian, scaffolding yang diberikan dalam mengatasi hambatan kognitif siswa adalah scaffolding level 2 yaitu reviewing: looking and verbalizing, explain, probing and prompting question , restructuring, dan parallel modelling. Sedangkan jenis-jenis restructuring yang dilakukan yaitu identifying meaningful context, simplifying the problem, dan negotiating meanings.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110881

Actions (login required)

View Item View Item