Pengembangan suplemen pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi Transformasi untuk siswa kelas XI SMK / Agus Putu Aripta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan suplemen pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi Transformasi untuk siswa kelas XI SMK / Agus Putu Aripta

Aripta, Agus Putu (2018) Pengembangan suplemen pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi Transformasi untuk siswa kelas XI SMK / Agus Putu Aripta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aripta Agus Putu. 2017. Pengembangan Suplemen Pembelajaran Matematika Berbasis ICT pada Materi Transformasi untuk Siswa Kelas XI SMK. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawijaya Ph. D. (II) Dra. Santi Irawati M. Si Ph. D. Kata Kunci suplemen berbasis ICT transformasi Untuk peningkatan kualitas pendidikan secara teoritis harus dilakukan melalui diversifikasi content and methode serta mendorong proses pembelajaran berbasis ICT (ICT based-instruction). Salah satu wujud dari ICT-based instruction adalah suplemen pembelajaran berbasis ICT. Pengembangan suplemen berbasis ICT dapat menjadi solusi permasalahan pendidikan di SMK bagi siswa yang sedang melaksanakan pendidikan sistem ganda (PSG) secara block release. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suplemen pembelajaran matematika berbasis ICT pada materi transformasi untuk siswa kelas XI SMK yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase yaitu (i) Penelitian Awal (Preliminary Research) (ii) Fase Pengembangan (Prototyping Phase) dan (iii) Fase Penilaian (Assessment Phase). Kedua jenis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan dari validator praktisi maupun siswa serta catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi skor pada lembar observasi skor hasil tes penguasaan bahan ajar (TPBA) materi transformasi dan angket respon siswa. Kegiatan analisis data dilaksanakan untuk menilai apakah suplemen pembelajaran berbasis ICT yang dikembangkan tersebut telah memenuhi syarat valid praktis dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suplemen pembelajaran berbasis ICT yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid praktis dan efektif. Hasil validasi suplemen pembelajaran oleh ahli menunjukkan nilai rata-rata 3 21 serta validasi suplemen pembelajaran oleh praktisi menunjukkan nilai rata-rata 3 36. Nilai-nilai tersebut menunjukkan bahwa suplemen pembelajaran berbasis ICT telah memenuhi kriteria valid. Kepraktisan dan keefektifan didapat dari hasil uji coba lapangan kelompok besar yang dilakukan di kelas XI RPL SMK N 2 Tabanan Tabanan Bali. Kepraktisan didapat dari hasil observasi aktivitas guru yang menunjukkan kriteria sangat baik dan observasi aktivitas siswa yang menunjukkan kriteria sangat aktif . Ini berarti bahwa suplemen pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kedua yaitu praktis. Sedangkan keefektifan dinilai dari hasil nilai TPBA siswa yang menunjukkan 86 36% siswa yang tuntas secara klasikal dan dan hasil respon siswa yang menunjukkan kriteria positif dengan nilai 98 11%. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa suplemen pembelajaran berbasis ICT telah memenuhi kriteria efektif. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa suplemen pembelajaran matematika berbasis ICT yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi guru saat pelaksanaanii PSG di SMK karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif. Selanjutnya diperlukan uji coba pada sekolah lain yang berbeda kondisi untuk mendapatkan perangkat yang lebih berkualitas serta uji coba pada materi lain juga diperlukan untuk menguatkan hasil dari penelitian ini

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110877

Actions (login required)

View Item View Item