Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan game based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMAN 4 Malang / Rossi Setya Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan game based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMAN 4 Malang / Rossi Setya Fatmasari

Fatmasari, Rossi Setya (2018) Pembelajaran trigonometri dengan pendekatan game based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMAN 4 Malang / Rossi Setya Fatmasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatmasari Rossi Setya. 2017. Pembelajaran Trigonometri dengan Pendekatan Game Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMAN 4 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (2). Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc Kata kunci game based learning kemampuan representasi matematis Representasi merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi jalannya kegiatan 5M dari tahap mengamati hingga siswa dapat menyampaikan idenya pada tahap komunikasi. Siswa dapat mengembangkan dan memperdalam pemahaman mereka dengan representasi. Representasi dapat dianggap sebagai suatu aktivitas untuk mendapatkan konsep atau hubungan di matematika dalam bentuk tertentu. Siswa perlu memahami bahwa menuliskan representasi dari ide matematika mereka adalah penting dalam mempelajari matematika itu sendiri. Kurangnya kemampuan representasi matematis pada materi trigonometri siswa SMAN 4 Malang menyebabkan kemampuan mereka dalam memahami materi dan menyelesaikan masalah rendah. Padahal materi trigonometri di semester 2 untuk siswa program MIPA adalah penting dan diterapkan pada semester 3 dan 4 serta mata pelajaran lain yaitu fisika. Selain itu karakteristik siswa kelas E angkatan 2016/2017 yang tergolong program MIPA adalah mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu melalui Game Based Learning berdasarkan tahapan dienes yang didalamnya memuat tahapan representasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Game based learning yang disusun berdasarkan tahapan Dienes untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini antara lain adalah hasil validasi perangkat dan instrumen hasil observasi aktivitas siswa dan guru hasil wawancara siswa dan hasil tes akhir siklus siswa berupa jawaban dan skor siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian ini telah dilakukan dua siklus untuk bisa mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini pembelajaran menggunakan game based learning mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Sesuai dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dilihat dari aktivitas guru dan siswa berturut-turut mencapai kategori baik dan sangat baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa 7 siswa dari 10 siswa mengaku pembelajaran yang silakukan sangat menyenangkan dan ingin diulang kembali untuk materi lain. Selain itu siswa juga mampu menjelaskan hasil dari jawaban tes akhir siklus mereka. Hasil tes representasi siswa telah terjadi peningkatan dari 73 33% pada siklus I menjadi 86 67% pada siklus II. Adapun tahapan pembelajaranmenggunakan game based learning yang dapat meningkatkan kemampuan represntasi siswa adalah pembentukan kelompok heterogen yang terdiri dari 5 siswa dalam setiap kelompoknya (2) tahapan permainan bebas dimana siswa dengan kreatifitasnya. sendiri membuat representasi tanpa terikat aturan (3) tahap permainan yaitu tahapan ketika siswa mulai bermain dengan aturan yang diberikan untuk mencari pola keteraturan dari masalah (4) tahap representasi siswa mengembangkan suatu representasi dari permainan (5) tahap simbolisasi dimana siswa mulai membuat rumusan secara verbal maupun tertulis dari representasi yang diperoleh (6) tahap formalisasi siswa mulai mebuat kesimpulan dari hasil permainan (7) presentasi untuk mengetahui hasil kerja siswa dan (8) refleksi hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110876

Actions (login required)

View Item View Item