Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMKN 4 Probolinggo dalam trigonometri menggunakan metode improve / Bayu Yudha Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMKN 4 Probolinggo dalam trigonometri menggunakan metode improve / Bayu Yudha Saputra

Saputra, Bayu Yudha (2017) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMKN 4 Probolinggo dalam trigonometri menggunakan metode improve / Bayu Yudha Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Saputra Bayu Yudha. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMKN 4 Probolinggo Dalam Trigonometri Menggunakan Metode IMPROVE. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Candra M.Si Ph.D dan (II) Dr. A.R. As ari M.Pd M.A Kata Kunci Kemampuan pemecahan masalah Metode IMPROVE Trigonometri. Pemecahan masalah merupakan keterampilan dasar dalam pendidikan matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X Nautika kapal penangkap ikan 2 SMKN Probolinggo belum baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes pra-penelitian sebagai berikut (1) 34 orangdari 34 orang (100%) mampu menuliskan pertanyaan yang diajukan dalam masalah (2) 13 dari 34 siswa (38 2%) mampu menuliskan informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah (3) 12 dari 34 siswa (35 3%) siswa mampu membuat visualisasi geometris (4) 9 dari 34 siswa (26 5%) mampu menuliskan proses kalkulasi untuk menemukan solusi dari masalah dan (5) 5 dari 34 siswa mampu menuliskan solusi dari masalah. Sehingga peneliti perlu ada usaha untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode IMPROVE sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X NKPI 2 SMKN 4 Probolinggo dalam trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran terdiri dari 5 langkah yaitu (1) pendahuluan (2) memperkenalkan konsep baru (3) memecahkan masalah dalam kelompok kecil dan menjawab pertanyaan metakognitif (4) mereviu (5) memverifikasi hasil pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir siklus pembelajaran berhasil dan (2) berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa pembelajaran menggunakan metode IMPROVE terlaksana. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode IMPROVE yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mengikuti langkah-langkah berikut langkah (1) pendahuluan (2) memperkenalkan konsep baru (3) memecahkan masalah dalam kelompok kecil dan guru memberikan pertanyaan metakognitif kepada siswa (4) mereviu (5) memverifikasi hasil pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan guru yang ingin menerapkan metode IMPROVE untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sebaiknya mengidentifikasi pengetahuan prasyarat siswa terlebih dahulu. Kemudian guru mengingatkan dan memastikan siswa telah memiliki kemampuan prasyarat yang dibutuhkan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110870

Actions (login required)

View Item View Item