Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa' Kalipare Kabupaten Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Achmad Ubaidillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa' Kalipare Kabupaten Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Achmad Ubaidillah

Ubaidillah, Achmad (2017) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII MTs SA Roudhotus Syifa' Kalipare Kabupaten Malang tahun pelajaran 2016/2017 / Achmad Ubaidillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ubaidillah Achmad. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTs. SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Analisis kesalahan scaffolding sistem persamaan linier dua variabel. Kesalahan dalam mempelajari matematika merupakan suatu hal yang wajar. Banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika. Hal tersebut terbukti dari wawancara peneliti dengan salah satu guru matematika di salah satu sekolah bahwa banyak ditemukan kesalahan siswa terutama dalam mengerjakan soal materi persamaan linier dan sistem persamaan linier dua variabel. Untuk mengetahui jenis kesalahan tersebut maka peneliti melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal persamaan linier dan sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif ekploratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang yang berjumlah 5 orang dan wewakili tiap-tiap tipe kesalahan. Sumber data utama berupa hasil tes materi sistem persamaan linier dua variabel transkrip wawancara dan pemberian scaffolding. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah sebagai berikut. Pertama kesalahan konseptual yaitu (1) siswa tidak dapat membedakan selesaian dan bukan selesaian dari persamaan linier dua variabel (2) siswa tidak dapat membuat bentuk ekuivalen dari peramaan linier dua variabel dan (3) siswa tidak dapat membedakan selesaian dan bukan selesaian dari sistem persamaan linier dua variabel. Penyebab kesalahan tersebut adalah kesalahan dalam memahami dan mencermati maksud soal. Kedua kesalahan prosedural yaitu (1) siswa tidak dapat mencari selesaian dari sistem persamaan linier dua variabel dengan cara eliminasi substitusi atau campuran dan (2) siswa tidak dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang melibatkan SPLDV serta menyelesaikannya. Kesalahan tersebut disebabkan kesalahan dalam melakukan operasi perkalian dan pembagian pada aljabar kurang teliti dalam membaca soal dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. ABSTRACT Ubaidillah Achmad. 2017. Analysis of Student Error in Solving Problem Two Variables Linear Equation Systems in Grade VIII Students of MTs. SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang. Thesis Mathematics Education Graduate Program of Malang State University. Advisor (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Sisworo M.Si. Keywords Error analysis scaffolding two variables linear equations system. An Error in learning mathematics is a natural thing. Many students make error in doing mathematic task. This is evident from the interview of the researchers with one of the math teachers in one school which is it found that many students have errors in doing mathematic task especially for the matter of linear equations and two variables linear equations system. To determine the type of error the researcher conducted a study that have aim to describe the types of errors and factors that cause students make error in doing a task about two variables linear equations system. This research is an explorative descriptive research. The subjects of the study were students of grade VIII MTs. SA Roudhotus Syifa Kalipare Malang consist of five peoples which representing each type of error. The main data of this study is coming from the result of material task of two variables linear equation system transcript of the interview and scaffolding. Based on the result of the study it can be concluded that the type of errors made by the students as follows. First conceptual error include (1) the student can not distinguish the completion and not the completion of two variables linear equations system (2) the student can not make the equivalent from the linear equation of two variables and (3) the student can not distinguish the completion and not the completion of the two variables linear equation system. The cause of those error is a error in understanding what the task mean. Second procedural error include (1) students can not search the completion of the two variables linear equation system by means of elimination substitution or mixture and (2) the student can not create mathematical models of everyday problems involving SPLDV and solve them. Those errors are caused by the error of multiplication operations and division of algebra less focus while read the task and students hasty while doing the task.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110868

Actions (login required)

View Item View Item