Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas X SMK serta scaffoldingnya / Cindy Indra Amirul Fiqri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas X SMK serta scaffoldingnya / Cindy Indra Amirul Fiqri

Fiqri, Cindy Indra Amirul (2017) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas X SMK serta scaffoldingnya / Cindy Indra Amirul Fiqri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fiqri Cindy Indra Amirul. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat di Kelas X SMK serta Scaffolding-nya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci Kesalahan Persamaan Kuadrat Scaffolding Kesalahan merupakan suatu kekeliruan atau kealphaan. Dalam menyusun teknik analisis kesalahan terdiri dari dua kegiatan yaitu mengelompokkan dugaan penyebab kesalahan dan menyusun metode yang membuat siswa menyadari kesalahan yang telah diperbuat sehingga dapat menuliskan jawaban yang tepat. Uji pendahuluan dengan memberikan soal pada siswa sebanyak 5 soal tentang persamaan kuadrat. Dalam penelitian ini diuraikan 3 jenis kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat dari tes studi pendahuluan yang dilakukan peneliti. Untuk menghindari kesalahan tersebut peneliti memilih cara dengan menggunakan scaffolding. Scaffolding merupakan bentuk bantuan oleh guru yang diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan sehingga menimbulkan kesalahan sehingga siswa tersebut dapat belajar mandiri dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang terjadi ketika siswa menyelesaikan soal persamaan kuadrat dan scaffolding yang sesuai sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kartika IV-1 Kota Malang yang beralamat di Jalan Kesatrian No.1A Kota Malang. Waktu penelitian berlangsung pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan cara tes wawancara dan perekaman audio dan video. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti soal tes pedoman scaffolding dan kamera video. Teknik analisis data yang digunakan antara lain mengumpulkan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual yang muncul pada penyelesaian soal materi persamaan kuadrat berupa siswa kurang memahami bentuk umum pada persamaan kuadrat dan siswa tidak mengerti apa yang dimaksud selesaian dan bukan selesaian pada persamaan kuadrat. Kesalahan Prosedural yang muncul pada penyelesaian soal materi persamaan kuadrat berupa siswa melakukan kesalahan dalam menyederhakan langkah demi langkah pengerjaan baik prinsip dan aturan dalam matematika siswa kurang memahami pengetahuan dasar matematika seperti operasi hitung bilangan bulat operasi hitung pecahan dan perpangkatan. Kesalahan Komputasi yang muncul pada penyelesaian soal materi persamaan kuadrat berupa siswa melakukan kesalahan dalam menghitung dan menuliskan operasi hitung dalam penjumlahan perkalian pengurangan dan pembagian. Scaffolding yang digunakan pada penelitian ini yaitu reviewing dan restructuring. Tipe reviewing yang digunakan pada penelitian ini yaitu paralell modeling prompting question student action and talk dan explaining and justifying. Sedangkan tipe resructuring yang digunakan dalam penelitian ini berupa menyederhanakan masalah. Tahapan proses scaffolding yang dilakukan oleh peneliti berjalan cukup baik. Subjek dapat menyadari akan kesalahannya dan menghindari kesalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110866

Actions (login required)

View Item View Item