Penerapan pembelajaran pendekatan open ended dengan menggunakan berfikir kreatif pada materi matriks bagi peserta didik SMA Islam Kota Malang / Sul'an - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran pendekatan open ended dengan menggunakan berfikir kreatif pada materi matriks bagi peserta didik SMA Islam Kota Malang / Sul'an

Sul'an (2017) Penerapan pembelajaran pendekatan open ended dengan menggunakan berfikir kreatif pada materi matriks bagi peserta didik SMA Islam Kota Malang / Sul'an. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sul an. 2017. Penerapan Pembelajaran Pendekatan Open Ended Dengan Menggunakan Berfikir Kreatif Pada Materi Matriks Bagi Peserta Didik SMA ISLAM Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph. D (II) Dr. Sisworo M.Si. Kata kunci berfikir kreatif open ended matriks Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan sangat berperan penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Guru harus mempunyai kemampuan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berfikir kreatif. Matriks yang merupakan salah satu materi matematika wajib yang terdapat dalam standar kompetensi lulusan dan kompetensi dasar kelas X kurikulum 2013 adalah hal penting untuk dikuasai peserta didik. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran matematika di SMA ISLAM Kota Malang diperoleh fakta bahwa guru belum melaksanakan pembelajaran dengan suatu pendekatan yang mampu menumbuh kembangkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini hanya mentransfer pengetahuan dengan cara menerangkan memberi contoh mencatat kemudian memberi soal latihan. Mencermati berbagai permasalahan tersebut penelitian tentang penerapan pembelajaran pendekatan open ended dengan menggunakan berfikir kreatif pada materi matriks penting untuk dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban pada lembar kerja peserta didik (LKPD) jawaban tes peserta didik dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan peserta didik lembar observasi kegiatan guru pedoman penilaian berfikir kreatif dan pedoman wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP pelaksanaan RPP dan hasil pembelajaran pendekatan open ended untuk materi matriks bagi peserta didik kelas X di SMA ISLAM Kota Malang dengan menerapkan berfikir kreatif. Untuk mengetahui diskripsi RPP dapat dilakukan dengan melihat bentuk RPP dan LKPD yang telah dirancang sebelum proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan RPP dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik dilakukan dengan mengamati aspek-aspek berfikir kreatif yang terdapat pada jawaban peserta didik dalam LKPD maupun jawaban tes akhir berdasarkan beberapa indikator yaitu fluency flexibility dan Novelty. Selain itu untuk mengetahui sikap dan respon siswa terhadap proses pembelajaran pendekatan open ended didasarkan pada wawancara dari beberapa peserta didik. Pada penelitian ini definisi dari masalah open ended diadopsi dari pendapat Shimada yaitu masalah tidak lengkap (incomplete problem) yang memiliki banyak medote atau jawaban benar. Hasil penelitian ini berupa diskripsi RPP pelaksanaan RPP dan hasil pembelajaran pendekatan open ended untuk materi matriks yang dapat menumbuh-kembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil tes awal sebelum proses pembelajaran dengan open ended yang menunjukkan bahwa hanya 31 4% peserta didik yang mencapai kriteria kreatif setelah proses pembelajaran meningkat menjadi 72% pada siklus I kemudian menjadi 80% pada siklus II. Hal ini terjadi karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengacu pada langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam RPP demikian pula siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengikuti pola yang telah ditetapkan oleh guru. Respon peserta didik dalam pembelajaran tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa peserta didik merasa senang antusias dan merasa lebih mudah dalam memahami materi matematika yang dipelajari. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan open ended dengan menggunakan berfikir kreatif menjadikan sikap peserta didik terhadap matematika sangat positif. ABSTRACT Sul an. 2017. Implementation of Learning Open Ended Approach By Using Creative Thinking In Matrix Material For Students Of SMA ISLAM High School Of Malang. Thesis Post Graduate Program in Mathematics Education State University of Malang. Advisors (1) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph. D (2) Dr. Sisworo M.Si. Keywords creative thinking open ended matrix Schools as formal educational institutions play an important role in growing and developing the creative thinking skills of learners. Teachers must have the ability to create an atmosphere of learning that encourages learners to develop creative thinking skills. The matrix which is one of the mandatory mathematical materials contained in the competency standard of graduates and the basic competence of the X class of the 2013 curriculum is important for the students to master. Based on the observation of mathematics learning at SMA ISLAM Malang City the fact that the teacher has not done the learning with an approach that is able to develop the creative thinking ability of the students. The learning process that teachers do so far only transfers knowledge by way of explaining giving examples taking notes then giving practice questions. Observing the various problems research on the application of open ended learning approach by using creative thinking on the material matrix important to do. The type of research used in this study is classroom action research (PTK). This research data in the form of result of study from answer on student work sheet (LKPD) test answer of student and result of interview. Data collection was done by researcher by using observation sheet of learners activity observation sheet of teacher activity guidance of creative thinking appraisal and interview guide. This study aims to describe the RPP the implementation of RPP and the learning outcomes of open ended approach for matrix material for students of class X in SMA ISLAM Malang City by applying creative thinking. To find out RPP description can be done by looking at the form of RPP and LKPD that have been designed before the learning process. While to know the description of the implementation of RPP done by observing the learning process by teachers and learners during the learning process takes place. To measure the creative thinking ability of learners is done by observing the aspects of creative thinking contained in the answers of learners in LKPD and final test answers based on several indicators namely fluency flexibility and Novelty. In addition to know the attitude and response of students to the learning process approach is open ended based on interviews of some learners. In this study the definition of an open ended problem was adopted from Shimada s opinion of incomplete problem which has many medotes or correct answers. The results of this research are RPP description RPP implementation and learning result of open ended approach for matrix material that can develop the creative thinking ability of learners. This is evident from the results of preliminary tests before the open-ended learning process shows that only 31.4% of learners reach creative criteria after the learning process increased to 72% in cycle I then to 80% in cycle II. This happens because teachers in carrying out learning activities refer to the steps that have been defined in the RPP as well as students in carrying out learning activities following the pattern set by the teacher. The response of learners in the learning can be seen from the results of interviews that show that learners feel happy enthusiastic and find it easier in understanding the math materials learned. This shows that learning approach of open ended by using creative thinking makes the attitude of learners to mathematics very positive.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110865

Actions (login required)

View Item View Item