Diagnosis kesulitan siswa kelas VIII MTs N bangil Kabupaten Pasuruan dalam menyelesaikan operasi pada bentuk aljabar / Ichwanul Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan siswa kelas VIII MTs N bangil Kabupaten Pasuruan dalam menyelesaikan operasi pada bentuk aljabar / Ichwanul Hakim

Hakim, Ichwanul (2017) Diagnosis kesulitan siswa kelas VIII MTs N bangil Kabupaten Pasuruan dalam menyelesaikan operasi pada bentuk aljabar / Ichwanul Hakim. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hakim Ichwanul.2016.Diagnosis kesulitan siswa kelas VIII MTsN Bangil Kabupaten Pasuruan Dalam menyelesaikan Operasi Bentuk Aljabar.Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci Diagnosis Kesulitan siswa Operasi Bentuk Aljabar Tujuan pembelajaran matematika diberikan di sekolah adalah untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir logis analitis sistematis kritis serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh mengelolah dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalau berubah tidak pasti dan kompetitif. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan symbol tabel diagram dan bentuk bentuk terapan yang lain dalam kehidupan sehari hari ( perdagangan). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas VIII MTs N Bangil Kabupaten Pasuruan dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar. Operasi bentuk aljabar yang digunakan adalah enam soal pada setiap tes (terdapat tiga tes) yang terkait dengan operasi bentuk aljabar. Penelitian ini menemukan kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar terletak pada 1) kesulitan operasi penjumlahan pengurangan dan perkalian pada bilangan bulat. 2) kesulitan operasi penjumlahan pengurangan dan perkalian pada bilangan pecahan. 3) kesulitan operasi penjumlahan pengurangan dan perkalian suku sejenis dan tidak sejenis pada operasi bentuk aljabar.Adapun penyebab dari ketidakmampuan dan kesulitan siswa adalah a) Kurang fahamnya pengoperasian dan sifat bilangan bulat sebagai materi prasyarat b) kurang fahamnya pengoperasian dan sifat bilangan pecahan sebagai materi prasyarat. c) kurang fahamnya dalam menentukan suku suku sejenis dan suku suku tidak sejenis. d) kurang fahamnya pengoperasian dan sifat distributif dalam operasi perkalian pada bentuk aljabar. Adapun upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi pada bentuk aljabar adalah 1) selalu memikirkan dan merencanakan sedemikian sehingga dalam pembelajaran tersebut siswa dapat menggunakan dan menghubungkan kemampuan apa yang telah dipelajari dan dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan yang akan dipelajarinya 2) memahamkan konsep terhadap anak juga menjadi dasar disamping memahami sifat sifat pada operasi bentuk aljabar 3) siswa juga cukup perlu dalam melakukan latihan latihan soal disamping itu untuk menghafal konsep serta sifat sifat operasi bentuk aljabar. Untuk soal latihan yang menjadi materi prasyarat sebelum memasuki materi yang baru juga dapat memberikan penguatan terhadap konsep yang akan dipelajari selanjutnya. ABSTRACT Hakim Ichwanul.2016.Diagnosis difficulties students grade VIII MTsN Bangil Pasuruan District In completing the Operation Forms Algebra. Tesis Mathematics Education Study Program Pascasarjana State University of Malang. Advisors (I) Prof.Dr.Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si Keywords Diagnosis Student Difficulties Algebraic Forms Operation The purposes of learning mathematics is given in schools is to equip students with logical analytical systematic critical and cooperative skills. These competencies are needed so that students can have the ability to acquire manage and utilize information to survive in conditions that are always changing uncertain and competitive. In addition it is also intended to develop the ability to use mathematics in problem solving and communicate ideas or ideas by using symbols tables diagrams and other forms applied in daily life (commerce). This research was conducted to find out the difficulties of students of grade VIII MTs N Bangil Pasuruan in completing algebraic forms of operation. The algebraic operation used is six questions on each test (there are three tests) associated with algebraic operations. This study finds students difficulties in completing algebraic form operations lies in 1) the difficulties of addition subtraction and multiplication operations on integers. 2) the difficulty of adding subtraction and multiplication operations on fractions. 3) the difficulties of the operation of addition subtraction and multiplication of similar tribes and non-algebra on the operation of algebraic forms. The causes of student disability and difficulty are A) Inadequate operation and integer properties as prerequisite materials b) lack of understanding of operation and the nature of fractions as a prerequisite. C) lack of understanding in determining similar tribes and unlike tribes. D) lack of understanding of operations and distributive properties in multiplication operations on algebraic forms. The efforts to overcome the difficulties of students in completing the operation on the form of algebra is 1) always thinking and planning so that in the learning students can use and connect the ability of what has been learned and owned previously with the knowledge to be learned 2) understand the concept of children also To be basic in addition to understanding the properties of algebraic operations 3) students are also sufficient to do the exercises in addition to memorizing the concept and the properties of algebraic form operations. For practice questions that become prerequisite materials before entering the new material can also provide reinforcement of the concept to be studied next.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110863

Actions (login required)

View Item View Item