Kesalahan representasi matematis siswa dan scaffolding pada pemecahan masalah luas daerah bidang datar / Dewi Sufia Hapsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan representasi matematis siswa dan scaffolding pada pemecahan masalah luas daerah bidang datar / Dewi Sufia Hapsah

Hapsah, Dewi Sufia (2017) Kesalahan representasi matematis siswa dan scaffolding pada pemecahan masalah luas daerah bidang datar / Dewi Sufia Hapsah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hapsah Dewi Sufia. 2017. Kesalahan Representasi Matematis Siswa dan Scaffolding pada Pemecahan Masalah Luas Daerah Bidang Datar. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si (II) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si Kata kunci Representasi Kesalahan Representasi Masalah Luas Daerah Scaffolding Salah satu perihal penting dalam menganalisis hasil kerja siswa pada pemecahan masalah yaitu melihat keterbacaannya. Dengan kata lain melihat bagaimana siswa merepresentasikan secara eksternal apa yang ada dalam pikirannya pada saat dihadapkan dengan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan representasi matematis siswa dan scaffolding pada pemecahan masalah luas daerah bidang datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di smp negeri 1 tumpang. Dua puluh lima siswa kelas ix diberikan masalah untuk dipecahkan. Hasil kerja siswa menunjukkan bahwa terdapat tiga kelompok yaitu (1) siswa yang diduga tidak memahami masalah (2) siswa yang diduga memahami masalah dan memiliki perencanaan penyelesaian tetapi gagal dalam pelaksanaan perencanaan dan (3) siswa yang diduga memahami masalah memiliki perencanaan penyelesaian masalah dan mampu melaksanakannya tetapi membuat kesalahan representasi. Satu siswa dari setiap kelompok dipilih sebagai subjek. Pemilihan subjek didasarkan pada banyaknya kesalahan representasi yang dilakukan yaitu yang paling banyak melakukan kesalahan dalam kelompoknya. Selain itu juga mempertimbangkan kemampuan komunikasinya yaitu siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik. Ketiga subjek diberikan scaffolding supaya menyadari kesalahan dan dapat memperbaikinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tidak memahami masalah melakukan kesalahan representasi numerik verbal dan kesalahan lain yang berupa gabungan representasi verbal dan simbolik. Kesalahan ini berupa kesalahan penyusunan persamaan yang dianggap sebagai perbandingan kesalahan interpretasi atas apa yang ditanyakan dalam soal dan kesalahan penggabungan kalimat verbal dan simbol menggunakan tanda sama dengan. Scaffolding yang diberikan berupa looking touching and verbalizing interpreting students action and talk dan students explaining and justifying yang termasuk dalam komponen reviewing dan berupa re-phrasing students talk yang termasuk dalam komponen restructuring. Siswa yang memahami masalah dan memiliki perencanaan penyelesaian tetapi gagal dalam pelaksanaan perencanaan melakukan kesalahan representasi numerik simbolik dan kesalahan lain yang berupa gabungan representasi verbal dan simbolik. Kesalahan ini berupa kesalahan perhitungan secara prosedural untuk menemukan x ketidakkonsistenan penulisan satuan ukuran dan penggabungan kalimat verbal dan simbol menggunakan tanda sama dengan. Scaffolding yang diberikan berupa students explaining and justifying yang termasuk dalam komponen scaffolding reviewing. Siswa yang memahami masalah memiliki perencanaan penyelesaian masalah dan mampu melaksanakannya tetapi membuat kesalahan representasi melakukan kesalahan representasi grafis numerik dan verbal. Kesalahan ini berupa kesalahan sketsa bentuk bidang datar dan kesalahan letak ukuran panjang sisi persegi kesalahan perhitungan secara prosedural untuk menemukan x kesalahan penyusunan kalimat matematika kesalahan pencantuman tanda sama dengan pada kalimat verbal dan penulisan kesimpulan selesaian masalah yang masih dalam masalah matematis. Scaffolding yang diberikan berupa looking touching and verbalizing parallel modelling dan students explaining and justifying yang termasuk dalam komponen scaffolding reviewing dan negotiating meaning yang termasuk dalam komponen restructuring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110862

Actions (login required)

View Item View Item