Fitria, Atik Dina (2017) Pembelajaran Writing in Performance Task (WiPT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK Putra Indonesia Malang / Atik Dina Fitria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitria Atik Dina. 2017. Pembelajaran Writing in Performance Task (WiPT) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Putra Indonesia. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata kunci writing in performance task (WiPT) komunikasi matematis Siswa kelas XIF SMK Putra Indonesia Malang menunjukkan adanya indikasi kesulitan mengomunikasikan ide atau gagasan matematika. Fakta plagiasi hasil kerja teman kesalahan membuat model matematika kesalahan menggambar grafik atau diagram menunjukkan kesulitan komunikasi secara tertulis. Berdasarkan fakta yang diperoleh pada observasi pendahuluan didapatkan bahwa menulis merupakan salah satu aspek komunikasi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Metode pengembangan keterampilan berkomunikasi tulis dapat diwujudkan dengan memberikan bentuk tugas performansi dalam menulis. Pemberian tugas performansi dalam menulis (writing in performance task) dipilih karena dapat dilakukan pada semua tahap kegiatan pembelajaran. Pembelajaran matematika di SMK Putra Indonesia Malang belum maksimal mengimplementasi tugas menulis sehingga perlu dilakukan penelitian tindakan kelas tentang penerapan tugas performansi menulis dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya di SMK Putra Indonesia Malang. Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode WiPT dilakukan di kelas XIF (36 siswa). Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan guru pengajar matematika kelas XI di SMK Putra Indonesia Malang. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan dalam 5 tatap muka diikuti oleh 36 siswa sedangkan siklus kedua dilakukan dalam 2 tatap muka diikuti oleh 11 siswa. Data yang dikumpulkan didapatkan dari bukti belajar berupa lembar kerja siswa jurnal belajar dan hasil tes tulis kompetensi dasar. Hasil penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran WiPT dilakukan melalui tahapan menulis matematis. Tahapan yang diterapkan adalah (a)curah pendapat (brainstorming) tentang materi apersepsi pada lembar kerja (b)persiapan menulis (pre-writing) untuk merencanakan strategi penyelesaian masalah (c)penulisan (writing) penyelesaian masalah sebagai realisasi strategi yang direncanakan (d)diskusi kelompok (conferencing) menganalisis bersama langkah penyelesaian masalah dan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa (e)pengulasan dan perbaikan (revising and editing) hasil tulisan berdasarkan hasil analisis pada tahap diskusi dan (f)publikasi dan berbagi (publishing dan sharing) hasil tulisan dengan menempelkan karya di dinding kelas. Komunikasi matematis siswa meningkat dengan terpenuhinya indikator (a)mengidentifikasi informasi dengan cara menulis informasi yang tertera di soal dengan bahasa yang sederhana (b)membuat gambar lingkaran pada koordinat Cartesius dan model matematika berdasarkan informasi pada tiap masalah di lembar kerja (c)menunjukkan pemahaman terhadap konsep dengan menuliskan semua ide atau gagasan pribadi terhadap pemahaman masalah (d) menggunakan strategi yang sesuai siswa menyelesaikan masalah dengan struktur langkah yang sesuai hasil pemikiran siswa sendiri (e)menjelaskan ide situasi dan relasi matematika secara tertulis dengan sistematis. Untuk sistematisasi jawaban perlu adanya perbaikan pada struktur koneksi konsep karena masih terdapat siswa yang menyelesaikan masalah secara langsung menuliskan hasil akhir dari penyelesaian masalah meskipun cara penyelesaiannya sederhana. ABSTRACT Fitria Atik Dina. 2017. Writing in Performance Task (WiPT) to Improve Mathematical Communication Ability of Students in SMK Putra Indonesia. Magister s thesis Graduate Program of Mathematics Teaching Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Keywords writing in performance task (WiPT) communication mathematic Students in XIF SMK Putra Indonesia Malang shows signs of difficulties in communicating their mathematical ideas. The facts of plagiarism are the work of friends mistakes making mathematical models wrong drawing graphs or diagrams showing communication difficulties in writing. Based on the result of the preliminary observations it is found that writing is one aspect of communication that needs to be developed in learning mathematics. The method of developing written communication ability can be realized by giving form of performance task in writing. Giving performance in writing is chosen because it is applicable to use in any phase of learning activities. The teaching of Mathematics in SMK Putra Indonesia Malang has not yet implemented writing aasignment. It is necessary to classroom action research on the application of performance task writing in mathematics learning to improve students mathematical communication ability especially in SMK Putra Indonesia Malang. Classroom action research by applying the WiPT method was employed in XIF class (36 students). The researcher act as data collectors and teachers of mathematics class XI in SMK Putra Indonesia Malang. Implementation of the action is apply in two cycles. The first cycle was conducted in 5 meeting followed by 36 students while the second cycle was done in 2 meeting followed by 11 students. The data collected is obtained from the evidence of learning in the form of student worksheets learning journals and the results of basic competency writing tests. The results of classroom action research by applying WiPT learning is done through the mathematical writing phase. The phase applied are (a)brainstorming on apperception materials on the worksheet (b) preparing for preparing a problem-solving strategy (c)writing problem solving as the realization of the planned strategy (d)conferencing analyzes together problem-solving steps and analyzes students mistakes (e)revising and editing the results of writing based on analysis results at the discussion phase and (f) publishing and sharing of the writing by attaching the work on the classroom wall. The mathematical communication ability of the student increases with the fulfillment of the indicator (a)identifies the information by writing the information contained in the problem with simple language (b)drawing circles in Cartesian coordinates and mathematical models based on information on each issue in the worksheet (c)understanding of concepts by writing down all personal ideas or ideas about understanding the problem (d) using appropriate strategies students solving problems with appropriate step structures of students own thinking (e)explaining ideas situations and mathematical relations in writing systematically. Each student expressed the analysis of the problems and the solutions in a simple sentence. Improvement on students skill to make connection between the analysis of the problems and the solutions needs to be done since there were some students who directly wrote the solution without writing the analysis of the problem.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110860 |
Actions (login required)
View Item |