Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X / Yulia Eka Etika Kholifahtin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X / Yulia Eka Etika Kholifahtin

Kholifahtin, Yulia Eka Etika (2017) Pengembangan lembar kerja siswa materi trigonometri dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMA kelas X / Yulia Eka Etika Kholifahtin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kholifahtin Yulia Eka Etika. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri dengan Model Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMA Kelas X. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A. R. As ari. M.Pd M.A (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata Kunci lembar kerja siswa penemuan terbimbing trigonometri Tujuan pendidikan di Indonesia adalah mewujudkan peserta didik yang kompeten di bidangnya. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan diberlakukan kurikulum 2013 dengan prinsip utama aktif menyelidiki dan berpusat pada siswa. Berdasarkan observasi di beberapa SMA di Malang pada pembelajaran trigonometri kelas X bahan ajar yang digunakan siswa Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS yang digunakan berisi rangkuman materi contoh soal prosedur memperoleh jawaban dan latihan soal. Pada pembelajaran yang menggunakan LKS siswa hanya meniru sistematika contoh jawaban di LKS yang prosedural akibatnya siswa tidak bisa mengerjakan soal-soal yang bersifat analitis. Dengan demikian diperlukan suatu bantuan bahan ajar yaitu LKS yang dapat mendukung kemampuan bernalar siswa. Penggunaan LKS perlu ditunjang dengan model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model penemuan terbimbing merupakan model pembelajaran yang sesuai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan suatu alternatif bahan ajar berupa LKS yang sesuai dengan model penemuan terbimbing yang lima tahapan yaitu 1) perumusan masalah 2) menyusun memproses mengorganisir dan menganalisis masalah 3) penyusunan dugaan/konjektur 4) pengecekan konjektur dan 5) penguatan dengan menyelesaikan latihan soal. Proses pengembangan LKS menggunakan model pengembangan Plomp untuk menghasilkan LKS yang valid praktis dan efektif. Model Plomp terdiri dari empat tahap yaitu tahap investigasi awal (Preliminary Investigation) tahap perancangan (Design) tahap realisasi (Realization) dan tahap tes evaluasi dan revisi (Test Evaluation and Revision). Hasil pengembangan berupa LKS dan RPP dengan model penemuan terbimbing. Berdasarkan uji coba dan setelah dianalisis LKS dinyatakan valid dan memilki tingkat kepraktisan tinggi. LKS juga dinyatakan efektif dengan presentase penguasaan materi 81 22% dan kriteria respon siswa positif. Revisi LKS dilakukan peneliti berdasarkan komentar saran dan catatan dari subyek uji coba. Dengan demikian LKS dapat digunakan dalam pembelajaran. ABSTRACT Kholifahtin Yulia Eka Etika. 2017. A Development of A Student Worksheet on Study of Trigonometry with Guided Discovery Model for Senior High School Students at X Grade. Thesis Mathematic Education Program Postgraduate of State University of Malang. Supervisor (I) Dr. A. R. As ari. M.Pd M.A (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Keyword student worksheet guided discovery trigonometry The purpose of education in Indonesia is to make students mastered their study. In order to realize this purpose the curriculum of 2013 was applied with two main principles investigating actively and focusing on students. Based on observations on several Senior High Schools in Malang on the study of trigonometry for X grade a teaching material used was Student Worksheet (LKS/Lembar Kerja Siswa). The LKS used contain of material summaries sample questions procedure on discovering answers and exercises. On teaching that used LKS students only imitate systematic procedures in sample answers at LKS which is procedural. In result students were unable to answer analytic questions. Therefore a teaching material at this case is LKS which support the reasoning ability of students is needed. The use of LKS needs to be supported with teaching model that compatible to reach the goal of teaching. Guided discovery model is teaching model that compatible with national education purpose. This research is a development research to develop an option of teaching material (i.e. LKS) that compatible with guided discovery model which consist of 5 steps 1) formulating problems 2) constructing processing organizing and analyzing problems 3) constructing conjectures 4) checking conjectures and 5) strengthening by doing exercises. In order to generate a valid simple and effective LKS Plomp s development model is used in the development process of LKS. Plomp s model consists of 4 steps. First is Preliminary Investigation. Second is Design. Third is Realization. And the last is Test Evaluation and Revision. The products of this development are LKS and RPP with guided discovery model. Based on trials and analysis the LKS is confirmed to be valid and very practical. The LKS is also confirmed to be very effective with presentation of material understanding of 81.22% and the student response criteria is positive. Revision of this LKS was done by researcher based on comments suggestions and notes from trials subject. Thus the LKS is recomended to be used at teaching.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110859

Actions (login required)

View Item View Item