Penerapan pembelajaran inkuiri hipotetis untuk meningkatkan aktivitas dan memahamkan materi barisan dan deret siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Malang / Endang Trinoviawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri hipotetis untuk meningkatkan aktivitas dan memahamkan materi barisan dan deret siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Malang / Endang Trinoviawati

Trinoviawati, Endang (2017) Penerapan pembelajaran inkuiri hipotetis untuk meningkatkan aktivitas dan memahamkan materi barisan dan deret siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Malang / Endang Trinoviawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trinoviawati Endang. 2017. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Hipotetis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Memahamkan Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 8 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Subanji M.Si. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata kunci Inkuiri hipotetis Aktivitas siswa Pemahaman materi Barisan dan deret Matematika merupakan pelajaran yang dirasa sulit dipelajari oleh sebagian besar siswa. Siswa kesulitan dalam mengaitkan antar konsep atau antar teori terutama bila dihadapkan pada masalah sedikit kompleks. Banyak siswa yang hanya bisa menyelesaikan masalah rutin seperti yang dicontohkan oleh guru. Aktivitas siswa di kelas hanya duduk mendengar dan mencatat penjelasan guru. Dengan kata lain siswa menerima dengan pasif pengetahuan yang diberikan. Hal tersebut dialami oleh siswa kelas X IPA SMA Negeri 8 Malang. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan materi barisan dan deret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri hipotetis yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan memahamkan materi Barisan dan Deret siswa kelas X IPA 5 SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2016-2017 melalui beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. dengan tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan dengan tahapan perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri hipotetis yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa terhadap materi barisan dan deret dilaksanakan dengan langkah-langkah (1) memberikan penjelasan materi barisan dan deret dilakukan menggunakan powerpoint secara klasikal (2) menyampaikan masalah-masalah yang terkait dengan materi barisan dan deret (3) membimbing siswa untuk merumuskan hipotesis terhadap masalah yang telah disampaikan (4) mengarahkan siswa untuk membuktikan dugaan dengan menyelesaikan lembar kerja dan berdiskusi dalam kelompok dan (5) memberi bimbingan siswa menyimpulkan hasil kerjanya. Skor rata-rata pada siklus I yaitu 60% (masuk kriteria cukup aktif) dan nilai tersebut mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84% ( tergolong kriteria aktif). Hasil belajar pada siklus I secara klasikal mencapai 63% siswa tuntas dan pada siklus II mencapai 92% siswa tuntas. Dengan kata lain penelitian yang dilaksanakan dikatakan telah berhasil. ABSTRACT Trinoviawati Endang. 2017. Application of Hypothetical Inquiry In Order To Increase Activity And Understanding The Materials And Rows Of Students Class X Class IPA SMA Negeri 8 Malang. Thesis. Post Graduate Basic Education Program. State University of Malang Advisor (1) Dr. Subanji M.Si. (2) Dr. Rer. Grout. I Made Sulandra M.Si. Keywords Inquire hypothesis Student activity Understanding material Sequence and material. Mathematics is a lesson that most students find difficult to learn. Students have difficulty in relating between concepts or between theories especially when faced with complex little problems. Many students can only solve routine problems as exemplified by the teacher. Student activities in the classroom just sit listen and record teacher explanations. In other words students receive passively the knowledge given. This is experienced by students of class X IPA SMA Negeri 8 Malang. The results of the observations also indicate that students have difficulty in solving contextual problems related to sequence and material. The purpose of this researchto is describe the application of hypothetical inquiry learning that can increase student activity and understand the material Barisan and Class X class students IPA 5 SMA Negeri 8 Malang. This research is conducted in the academic year 2016-2017 through several stages of action planning stage action implementation observation and reflection. With stages of action planning action execution observation and reflection. Classroom Action Research (PTK) conducted in two action cycles with stages of action planning action execution observation and reflection. The results of the study showed that hypothetical inquiry learning which can increase the activity and the students understanding of the material and series was carried out by the steps (1) giving the material and series explanation using classical powerpoint (2) problem problems related to song material and series (3) guide students to formulate hypotheses on the issues that have been submitted (4) direct students to prove the guesswork by completing the worksheet and discuss in groups and (5) to provide student guidance on results. The average score in the first cycle is 60% (entry criteria is quite active) and the increase in cycle II to 84% (pertained active criteria). Learning outcomes in the first cycle in the classical reach 63% of students complete and in the second cycle reached 92% of students complete. In other words dead research has been successful.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110858

Actions (login required)

View Item View Item