Nuryanti, Feny Eka (2017) Analisis kesalahan siswa dalam melakukan tranlasi representasi materi SPLDV dan pelaksanaan scaffoldingnya / Feny Eka Nuryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nuryanti Feny Eka. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Melakukan Translasi Representasi Materi SPLDV dan Pelaksanaan Scaffoldingnya Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sisworo S.Pd. M.Si. (II) Drs. Dwiyono M.Pd. Ph.D. Kata Kunci Translasi Representasi Kesalahan Translasi Scaffolding SPLDV Translasi representasi memiliki peranan penting dalam pembelajaran matematika salah satu kegunaannya adalah pada proses berpikir matematis yang berguna dalam memecahkan soal cerita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan letak dan jenis kesalahan siswa dalam melakukan translasi serta mendeskripsikan pelaksanaan scaffolding untuk memperbaiki kesalahan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif untuk menjawab pertanyaan diatas. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data penelitian ini adalah soal uji translasi pedoman wawancara dan pedoman scaffolding. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data teori dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Subjek yang dipilih adalah 4 siswa yang mengalami kesalahan minimal 3 tahap. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 PAGU KEDIRI. Hasil penelitian menunjukkan pada 4 siswa kelas 8F SMPN 1 PAGU mengalami kesalahan dalam melakukan translasi representasi. Translasi representasi adalah proses mengubah informasi yang tersaji dalam bentuk representasi (sumber) ke representasi lain (target). Dalam proses translasi representasi seharusnya terdapat empat aktivitas yang dilalui siswa yaitu unpacking the source preliminary coordination constructing the target dan determining equivalence akan tetapi setelah diteliti lebih mendalam tidak semua aktivitas tersebut dilakukan oleh siswa. Selain memang karena tidak dilakukan ada siswa yang melakukan tahapan pada aktivitas translasi tetapi masih mengalami kesalahan. Kesalahan siswa yang mengalami minimal 3 tahap diantaranya adalah dengan tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan salah dalam menggunakan konsep untuk menyelesaikan soal siswa tidak mengecek jawaban karena menganggap aktivitas telah selesai jika sudah menemukan jawaban. Kesalahan yang dilakukan siswa dianalisis dan dikategorikan menjadi tiga jenis kesalahan. Tiga jenis kesalahan tersebut adalah interpretation error implementation error preservation error. Dari kesalahan yang dilakukan siswa maka perlu adanya scaffolding untuk memperbaiki kesalahan translasi representasi siswa. Scaffolding yang digunakan adalah scaffolding tahap dua dan tahap tiga yaitu explaining reviewing restructuring pada tahap dua dan developing conceptual thinking pada tahap tiga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110857 |
Actions (login required)
View Item |