Pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar materi integral pada mahasiswa teknik informatika Universitas Kanjuruhan Malang / Abdullah Ash Shiddieqy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar materi integral pada mahasiswa teknik informatika Universitas Kanjuruhan Malang / Abdullah Ash Shiddieqy

Ash Shiddieqy, Abdullah (2017) Pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan hasil belajar materi integral pada mahasiswa teknik informatika Universitas Kanjuruhan Malang / Abdullah Ash Shiddieqy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdullah Ash Shiddieqy. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Hareuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Prof. Drs. Purwanto Ph.D Kata kunci pembelajaran kooperatif think pair share hasil belajar Integral. Matematika merupakan mata pelajaran yang senantiasa hadir pada setiap jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi dengan karakteristik yang berbeda dibanding dengan ilmu lainnya. Kalkulus merupakan materi yang dibutuhkan dalam kehiduoan sehari-hari dan juga sangat menunjang untuk mempelajari materi lainnya. Oleh karena itu hasil belajar mahaiswa perlu ditingkatkan. Kesulitan mahasiswa dalam mempelajari Kalkulus terutama pada materi Integral Tak Tentu perlu diatasi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif menekankan interaksi antar sesama sebagai tim dalam menyelesaikan atau membahas suatu masalah atau tugas tersetruktur. Dosen hanya sebagai fasilitator didalam pembelajaran dikelas mengarahkan mahasiswa terhadapa hasil belajar yang ingin dicapai. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat memaksimalkan kerja sama antar mahasiswa adalah pembelajaran Think Pair Share. Pembelajaran Think Pair Share ini diawali dengan berfikir secara individu (Think) kemudian berpasangan (pair) dan menyajikan (Share). Tujuan dari penggunaan metode Think Pair Share dalam pembelajaran Integral Tak Tentu adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan kemamampuan memecahkan masalah dan hasil belajar mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang. Beberapa temuan berhasil ditemukan dalam penelitian ini diantaranya strategi pembelajaran Think Pair Share ini ternyata dapat membawa mahasiswa yang pendiam menjadi lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Temuan yang lain format kelompok yang tidak dirubah ternyata membawa dampak positif dengan tiga kali bersama mahasiswa didalam satu kelompok menjadi lebih kompak. Akhirnya dari beberapa temuan yang berhasil ditemukan diperoleh hasil penelitian yaitu hasil belajar mahasiswa pada materi Integral Tak Tentu meningkat melalui pembelajaran dengan metode Think Pair Share. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu bagi guru atau dosen yang berminat mengadakan penelitian yang serupa hendaknya melakukan kajian yang mendalam tentang penerapan metode pembelajaran Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110856

Actions (login required)

View Item View Item