Yupitawati, Sri (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe pairs check pada materi bilangan bulat / Sri Yupitawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yupitawati Sri. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pairs Check Pada Materi Bilangan Bulat. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Mulyati M. Pd. (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M. Si. Keywords perangkat pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check. Berdasarkan pengalaman mengajar di SMPN Satu Atap 2 Pulau Hanaut sejak tahun 2011 sampai 2014 pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat sering mengalami hambatan. Kendala yang sering ditemukan yaitu siswa kesulitan membandingkan bilangan bulat seperti membedakan bilangan yang lebih besar atau lebih kecil terutama yang melibatkan bilangan bulat negatif juga kesulitan mengoperasikan bilangan bulat khususnya pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan negatif. Penggunaan model belajar yang tidak tepat dapat menjadi penyebab kesulitan belajar dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Sebab mereka lebih suka mencatat dan menerima penjelasan guru daripada bertanya. Kurangnya sumber belajar dan media pembelajaran seringkali mengakibatkan proses pembelajaran dilaksanakan seadanya. Padahal salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam rangka mengatasi masalah di SMPN Satu Atap 2 Pulau Hanaut. Produk dalam penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check pada materi bilangan bulat yang valid praktis dan efektif. Model penelitian yang digunakan adalah model Research and Development (R D). Prosedur Research and Development (R D) meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain dan (6) uji coba produk (7) revisi produk. Data tentang potensi dan masalah diperoleh berdasarkan pengalaman mengajar dan kesenjangan yang terjadi antara harapan dan realita di lapangan. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi dilakukan observasi terhadap proses pembelajaran tes wawancara dengan guru analisis kurikulum dan analisis tingkat pemahaman siswa. Desain produk berupa RPP dan LKS memuat langkah-langkah pada model pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check. Validasi terhadap desain produk dilakukan setelah rancangan instrumen penelitian sudah jadi sehingga data yang dikumpulkan sesuai tujuan. Persentase rata-rata hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli dan praktisi terhadap perangkat pembelajaran berupa RPP sebesar 80 8% LKS sebesar 86 5% lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 86 3% lembar observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing sebesar 84 4% dan 82 3% serta angket respon siswa sebesar 78 1%. Dari hasil tersebut maka perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah memenuhi kriteria valid. Hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori baik dan observasi aktivitas guru berada pada kategori aktif. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil observasi aktivitas siswa berada pada kategori aktif hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 87 5% siswa tuntas dan respon siswa yang positif menandakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa perangkat pembelajaran bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe Pairs Check pada penelitian ini telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Sehingga perangkat pembelajaran yang dikembangkan bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi guru pada materi bilangan bulat kelas VII SMPN Satu Atap 2 Pulau Hanaut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110855 |
Actions (login required)
View Item |