Hapsari, Fadilah (2017) Penerapan problem posing berseting kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan berpikir lancar dan berpikir luwes siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampit / Fadilah Hapsari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hapsari Fadilah. 2017. Penerapan Problem Posing Bersetting Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar dan Berpikir Luwes Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampit. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dr. Abd. Qohar M.T. Kata Kunci Problem Posing bersetting Kooperatif Kemampuan Berpikir lancar Siswa Kemampuan berpikir Luwes Berdasarkan hasil wawancara dengan dua guru matematika di SMA Negeri 1 Dampit didapatkan keterangan bahwa pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode konvensional sehingga kurang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil observasi awal oleh peneliti didapatkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X-IIS1 kurang yang tercermin dari aspek kelancaran dan keluwesan siswa saat mengerjakan soal menunjukkan bahwa jawaban siswa kurang bervariasi dan waktu yang digunakan oleh siswa saat mengerjakan soal relatif lebih lama dari waktu yang telah ditentukan. Hal ini didukung dengan hasil pretes yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir lancar dan luwes siswa berada dalam kriteria kurang baik . Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir lancar dan berpikir luwes siswa. Pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan problem posing bersetting kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dampit dengan subjek siswa kelas X-IIS1 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan problem posing bersetting kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang berfokus pada keterampilan berpikir lancar dan berpikir luwes. Data diambil dari pengamatan selama pembelajaran wawancara dan hasil tes akhir siklus. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini menghasilkan langkah-langkah pembelajaran dengan problem posing bersetting kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir lancar dan berpikir luwes siswa. Pada tahap mempersiapan peserta didik guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Tahap memberi contoh problem posing guru menyajikan informasi dan memberikan contoh kepada siswa dalam mengajukan pertanyaan. Tahap mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 4 siswa heterogen. Tahap memberikah arahan guru memberikan arahan kepada kelompok siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal Tahap evaluasi guru mengevaluasi hasil pengajuan soal siswa beserta penyelesaian soal tersebut Tahap memberikan penghargaan guru memberi pengakuan dan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor kemajuan paling tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah problem posing bersetting kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir lancar dan berpikir luwes siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110854 |
Actions (login required)
View Item |