Kesalahan representasi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan dan scaffolding-nya / Claudia Zahrani Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan representasi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan dan scaffolding-nya / Claudia Zahrani Susilo

Susilo, Claudia Zahrani (2017) Kesalahan representasi siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan dan scaffolding-nya / Claudia Zahrani Susilo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilo C.Z. 2017. Kesalahan Representasi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Perbandingan dan Scaffolding-nya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susiswo M.Si. (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M. Si. Kata kunci kesalahan representasi pemecahan masalah scaffolding Representasi sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika karena seseorang dapat mengungkapkan ide-ide matematis yang dipahami dari situasi yang diberikan melalui representasi. Berdasarkan studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa masih melakukan kesalahan representasi dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan representasi yang dilakukan oleh siswa SMP dalam menyelesaikan masalah. Proses pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu memahami masalah merencanakan penyelesaian masalah melaksanakan penyelesaian dan memeriksa hasil penyelesaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena peneliti meneliti individu secara mendalam untuk mendekripsikan kesalahan representasi yang dilakukan siswa kemudian memberikan bantuan (scaffolding) untuk memperbaiki kesalahan representasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Taman Siswa Malang pada semester genap 2016-2017. Subjek penelitian dipilih 3 orang siswa SMP kelas VII yang memiliki kemampuan matematika tinggi rendah dan sedang serta melakukan kesalahan representasi. Teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan data hasil wawancara terhadap subjek dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan representasi verbal pada tahap memahami masalah tahap merencanakan penyelesaian melaksanakan penyelesaian dan memeriksa hasil penyelesaian melakukan kesalahan representasi simbol. Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan representasi verbal dan simbol pada tahap memahami masalah. Sedangkan pada tahap merencanakan penyelesaian melaksanakan penyelesaian dan memeriksa hasil yang diperoleh melakukan kesalahan representasi simbol. Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan representasi simbol pada tahap memahami masalah merencanakan penyelesaian melaksanakan penyelesaian dan memeriksa hasil yang diperoleh. Scaffolding yang digunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan siswa yaitu scaffolding tahap reviewing dan tahap restructuring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110852

Actions (login required)

View Item View Item